Collaboration,  Skin Care

Review Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel

Sebelum kenal yang namanya produk chemical exfoliant, dulu saya termasuk sering menjelajah produk-produk physical exfoliant seperti face scrub, face brush, peeling gel, clay mask dan lainnya. Karena dulu cuma tau cara untuk membersihkan sel kulit mati dan deep cleansing ya harus dengan cara physical.

Sampai sekarang sayapun masih rutin menggunakan produk physical exfoliant, dikombinasikan dengan exfoliating toner yang mengandung AHA atau BHA. Kenapa? Karena walaupun punya kandungan actives yang kuat sekalipun, chemical exfo nggak punya efek satisfying dari melihat hasil before-after kulit yang bersih secara instan, bener nggak?

Nah, kali ini ada brand lokal yang merilis produk physical exfoliant yang cukup jarang ditemukan di rangkaian produk skincare, yaitu peeling gel. Seperti yang saya udah ceritain sebelumnya, peeling gel juga termasuk produk yang sudah pernah saya coba. Sayangnya dulu saya selalu kurang puas sama hasilnya karena memang peeling gel termasuk kategori physical exfoliant yang paling gentle cara kerjanya. Tapi kali ini saya lumayan ketagihan pakai peeling gel dari brand Zalfa Natural ini.

Sebelum masuk ke review lengkap, kenalan dulu yuk sama produknya! Zalfa Natural Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel ini merupakan produk gentle physical exfoliant yang diformulasikan untuk membersihkan permukaan kulit secara menyeluruh. Tugas utamanya udah pasti mengangkat sel kulit mati, komedo dan minyak berlebih di pori-pori, dan membersihkan kulit secara menyeluruh. Walaupun emang gentle banget, tapi di kulit kerasa hasilnya nggak main-main. How so? Yuk bahas!

Packaging

Kemasan Silky Dew Mugwort berbeda dengan produk peeling gel umumnya yang sering saya temui. Kalau biasanya berbentuk tube, Zalfa Natural bikin kemasan yang unik dalam bentuk jar. Ukurannya 20gr, dengan kemasan berbahan kaca dan materialnya doff. Menurut saya kemasannya cantik dan compact. Oh iya, poin tambah karena dalam kemasan sudah disediakan spatula yang esensial banget untuk pengambilan produk.

Ingredients & Technology Silky Dew Mugwort

Silky Dew Mugwort dibekali key ingredients yang menurut saya bagus-bagus banget dan saling mendukung satu sama lain. Beberapa di antaranya adalah Natural Korean Mugwort, Papain Enzyme, Bromelain Enzyme, Honey, Aloe Vera, Phytosan, Cultivated Red Algae Extract dan Hydrolyzed Collagen.

Walaupun ini produk physical exfoliant, ternyata di dalamnya ada kandungan Papain Enzyme & Bromelain Enzyme yang berperan sebagai gentle AHA dari bahan natural.

  • Natural Korean Mugwort : Bersifat soothing dan antimikroba, bantu mencegah pertumbuhan jerawat, ingredient Mugwort ini juga lagi in banget terutama di produk skincare asal Korea
  • Papain Enzyme & Bromelain Enzyme : Eksfoliator gentle dan natural dari papaya dan pineapple, mengeksfoliasi kulit tanpa menimbulkan iritasi
  • Honey : Antibakteri alami dan mencerahkan kulit
  • Aloe Vera : Anti inflamasi dan meredakan kemerahan di kulit
  • Hydrolyzed Collagen : Mengencangkan dan menjaga elastisitas kulit
  • Phytosan : Kaya antioksidan untuk menjaga skin barrier
  • Cultivated Red Algae Extract : Antioksidan alami berfungsi mengencangkan, melembabkan dan mencegah tanda penuaan pada kulit

Full Ingredients :

Water, Glycerin, Propylene Glycol, Quaternium-60, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Aloe Barbadensis (leaf) Extract, Synthetic Wax, Propanediol, Fragrance, Mannitol, 1,2-Hexanediol, Artemisia Vulgaris Extract, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Euglena Gracilis Polysaccharide, Mel Depuratum Extract, Papain, Caprylhydroxamic Acid, Hydrolyzed Collagen, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Bromelain, Glycine Soja Phytoplacenta Extract, Jania Rubens Extract, Citric Acid.

Klaim dan Manfaat Produk

Another plus point untuk Zalfa Natural, karena selain produknya sudah terdaftar BPOM dan menggunakan formulasi halal (sudah dapat sertifikasi halal MUI), produk Silky Dew Mugwort ini juga dibuat tanpa kandungan-kandungan yang berpotensi mengiritasi kulit. Itโ€™s actually Alcohol free, Sulfate free, Paraben free, Phtalate free, Harsh chemicals free. Produknya menggunakan natural ingredients juga jadi aman untuk segala usia termasuk untuk ibu hamil.

Sebagai produk skincare yang berfungsi mengeksfoliasi kulit, Silky Dew Mugwort ini bisa jadi go-to kamu kalau lagi butuh skincare untuk :

  • Mencerahkan kulit kusam akibat penumpukan sel kulit mati
  • Membersihkan pori-pori dari blackhead, whitehead dan minyak berlebih
  • Menyamarkan tampilan pori, membuat tekstur kulit lebih halus
  • Membantu regenerasi sel kulit baru
  • Melembabkan kulit dan mencegah penuaan dini

Tekstur dan Wangi Produk

Produk ini punya tekstur yang unik, yaitu berupa gel yang agak lebih kental. Menurut saya sih agak slime-y (tapi nggak lengket ya) makanya mungkin ada nama Silky ya hehe. Ketika dibaurkan ke kulit dan di massage, lama kelamaan teksturnya berubah pertanda produknya bekerja menyerap berbagai impurities di kulit. Teksturnya jadi lebih padat dan berwarna putih solid, agak mirip bekas parutan kelapa menurut saya. Nah part tekstur ini yang bikin saya senang banget karena berbeda jauh dengan produk peeling gel yang biasanya saya gunakan.

Kalau kamu pernah coba pakai peeling gel pasti familiar dengan tekstur akhir yang biasanya menggumpal, dan berubah warna jadi kotor. Selain itu, biasanya produk juga bekerja mengambil minyak di permukaan kulit dan setelahnya kulit jadi lebih kering.

Silky Dew Mugwort punya efek yang berbeda. After effect-nya memang produk juga menggumpal tapi warnanya putih, nggak berubah warna jadi kotor yang bikin malas dilihat. Selain itu, sepanjang penggunaan produk, permukaan kulit tetap akan terasa basah seperti sedang mencuci muka. So far belum ada produk peeling gel yang seperti ini, setelah ini saya jelasin ya kenapa poin ini penting.

Nah untuk wangi produknya, wanginya tipe wangi herbal yang soothing dan segar banget. Wanginya pun bukan tipe yang menyengat ya. Menurut saya penting juga untuk experience penggunaan produk yang menyenangkan harus ada wangi yang nyaman di penciuman dan nggak mengganggu.

Cara Penggunaan Silky Dew Mugwort

Pada kemasan produk terdapat instruksi yang jelas untuk cara penggunaan produknya. Caranya pun sederhana banget,

  1. Ambil 4 scoop produk menggunakan spatula
  2. Diamkan pada permukaan kulit selama 10 detik
  3. Massage ringan (bukan digosok ya) selama 20-40 detik
  4. Bilas menggunakan air bersih

Produk bisa digunakan 2-3 kali seminggu, biasanya saya selang dengan exfoliating toner.

Hasil Penggunaan

Selama 3-4 kali menggunakan produk, saya selalu merasakan fun experience karena tekstur, wangi dan cara penggunaan produk yang memang menyenangkan banget. Oh iya, saya juga tadi udah sempat mention ya kalau produk Silky Dew Mugwort ini berbeda dengan peeling gel lainnya, pengalaman penggunaannya agak lebih mirip penggunaan scrub dan sabun cuci muka dibanding peeling gel, karena selama penggunaan produk permukaan kulit tetap basah. Menurut saya ini yang berperan besar buat bikin kulit jadi nggak mudah iritasi, dan tetap lembab selama dan setelah penggunaan produk.

Saya sempat juga cobain dengan gerakan yang agak keras, lebih ke gerakan menggosok dibanding memijat perlahan, dan saya juga coba menggunakan produk di atas 40 detik tapi hasilnya ternyata tetap nggak ada tanda-tanda iritasi di kulit. Not even slight redness. Walaupun kulit saya lumayan strong, tapi saya punya bakat eksim dan kulit sensitif jadi semoga ini berarti produknya memang bisa digunakan oleh kulit sensitif juga.

Sejak penggunaan pertama, setelah membilas bersih sisa eksfoliasi, saya bisa merasa tekstur kulit saya langsung instantly lebih halus, licin, kayak nggak ada pori-porinya! Bahkan di area hidung yang memang cukup banyak whitehead membandel pun bisa lebih halus, walaupun nggak hilang total ya. Saat penggunaan memang kerasa sih ada semacam butiran scrub yang super halus, tapi beneran nggak kerasa melukai kulit sama sekali, very very gentle.

Selain tekstur yang terasa halus banget, kelihatan juga kulit jadi lebih bersih dibanding cuci muka biasa, dan lebih cerah. Happy nya lagi, efek ini bisa terasa di setiap penggunaan. Setiap habis pakai Silky Dew Mugwort pun kulit terasa tetap lembab.

Final Verdict

In conclusion, saya rekomendasiin banget Zalfa Silky Dew Mugwort Enzymatic Gentle Peeling Gel ini terutama untuk kamu yang juga pecinta physical exfoliant seperti saya. Produk ini juga jadi jawaban untuk kamu yang nggak cocok atau masih belum berani pakai chemical exfoliant seperti AHA, BHA dan kawan-kawannya yang memang berpotensi bikin kulit iritasi kalau penggunaannya nggak hati-hati.

Silky Dew Mugwort ini pilihan exfoliant yang no-brainer alias nggak perlu mikir takut ini itu, karena kemungkinan besar produk ini bakalan cocok di segala jenis kulit. Bahkan saya cek di instagram Zalfa Natural, produk ini baru aja launching dan belum genap 24 jam sejak launch, eh udah langsung sold out!

Jadi kalau kamu lagi cari produk gentle exfoliator coba langsung cek instagramnya @zalfanatural dan beli atau pre-order Silky Dew Mugwort-nya. Harganya untuk ukuran 20gr adalah Rp 119.000 untuk harga normal, dan Rp 85.000 untuk harga pre-order , cukup terjangkau dan bisa digunakan lebih dari satu bulan. Semoga reviewnya membantu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)