Collaboration,  Skin Care

Review Sunscreen Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++++, Sunscreen Ringan dari Brand Lokal

New racun skincare lokal alert! Pecinta produk sunscreen ringan dari brand lokal merapat yuk!

Beberapa bulan belakangan ini saya lagi jatuh cinta banget sama sunscreen yang merupakan salah satu produk baru dari brand lokal, Lacoco. Sedikit spoiler, produk Lacoco Daily UV Counter SPF 50 PA++++ ini berhasil menggeser beberapa sunscreen favorit saya yang lain!

sunscreen lokal terbaik dari lacoco

Produk dari Lacoco ini memenuhi hampir semua checklist saya untuk sebuah produk sunscreen. Yup, pada dasarnya saya termasuk yang males banget pakai produk sunscreen, apalagi yang kerasa nggak nyaman ketika digunakan. Makanya, saya selalu hunting produk sunscreen yang bisa memenuhi checklist berikut ini, baru bisa masuk kategori sunscreen favorit. 

  1. Konsistensi produknya ringan dan nggak lengket
  2. Cepat menyerap agar bisa digunakan sebelum makeup
  3. Packaging travel-friendly dan fungsional
  4. Nggak menimbulkan white cast dan minyak berlebih
  5. Nggak memicu komedo ataupun clogged pores (pori-pori tersumbat)
  6. Harga affordable

Sebagai fans brand lokal, saya bangga banget brand lokal Lacoco bisa menciptakan produk sunscreen yang hampir sempurna. It almost ticked every checklist, kecuali satu hehe. But more on that later.

Packaging

Kalau biasanya kemasan produk khas Lacoco terlihat elegan dan klasik, kali ini produk sunscreen Lacoco menggunakan desain packaging yang lebih playful. Desainnya menurut saya terlihat lebih muda dan fresh dengan pemilihan warna kuning untuk bagian tube-nya. Salah satu poin plus menurut saya untuk soal packaging adalah produk ini memiliki ukuran yang lumayan travel-friendly dibanding produk sunscreen lainnya. Tube-nya kecil dan nggak terlalu tinggi ataupun lebar sehingga mudah dibawa di pouch kecil sekalipun. 

sunscreen lacoco daily uv counter spf 50

Isi produk sunscreen Lacoco ini juga terbilang sedikit, hanya 20ml saja. Dibandingkan dengan produk sunscreen umumnya, biasanya isi produknya 30ml dengan packaging yang jauh lebih besar. Tapi menurut saya, kalau kamu perlu sunscreen untuk dibawa bepergian, sunscreen dari Lacoco ini adalah yang paling cocok. Selain bentuknya kecil, bagian akses tutupnya pun berbentuk ulir jadi dijamin aman ketika masuk kedalam tas ataupun pouch.

Ingredients

Water, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Propylene Glycol, C12-15 Alkyl Benzoate, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Squalane, Diethylhexyl Carbonate, Propylheptyl Caprylate, Niacinamide, Butylene Glycol, Polyglyceryl-2 Stearate, Octocrylene, Glyceryl Stearate, Stearyl Alcohol, Aluminium Starch Octenylsuccinate, Silica, Phenoxyethanol, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Titanium Dioxide, PEG-100 Stearate, Lecithin, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA.

Secara ingredients, produk ini cukup bikin takjub. Pertama, Lacoco klaim produk sunscreen ini nggak mengandung silikon sehingga nggak membuat pori-pori kulit mudah tersumbat ataupun muncul komedo dan jerawat. It’s important for a clogged-prone like me

Selain itu ada juga kandungan Niacinamide dan Licorice, yang bisa bantu melembabkan kulit. Ini bisa jadi hacks kalau kamu termasuk orang yang sering nggak sempat dandan di pagi hari. Kamu bisa skip moisturizer dan langsung pakai Lacoco Daily UV Counter sunscreen ini aja, karena sudah ada kandungan moisturizing ingredient di dalamnya.

 Tekstur Produk Sunscreen Lacoco

Soal tekstur dan konsistensi produk, jujur ini salah satu produk sunscreen terbaik yang pernah saya coba. It has a creamy but in an ultra-lightweight consistency, jadi konsistensinya seperti krim tapi ringan banget banget banget. Hehe i know it sounds too much, tapi beneran. Konsistensinya ringan, tapi nggak runny sama sekali. Buat saya, ini memudahkan banget kalau kita mau menggunakan produk sunscreen-nya dalam jumlah banyak. Misalnya sebanyak dua ruas jari, seperti yang disarankan. Karena ketika di apply ke tangan ataupun ke wajah dalam jumlah banyak, dia nggak gampang meluber kemana-mana. 

tekstur sunscreen ringan, produk lokal lacoco sunscreen

Ets, belum selesai. Another plus point karena ketika produk ini dipakaikan ke wajah, dia bisa dengan sangat cepat menyerap ke kulit dan nggak meninggalkan bekas apapun. It adds a little moisture, kulit jadi kelihatan lebih lembab tapi nggak ada kesan licin, greasy ataupun efek white cast sama sekali. Let’s give Lacoco a round of applause for creating such a perfect sunscreen formula!

Seperti yang saya bilang di awal, produk yang cepat menyerap seperti sunscreen Lacoco ini membantu banget kita yang sering buru-buru dandan di pagi hari. Mau ditumpuk makeup bisa, mau langsung pakai sedikit bedak atau pakai masker pun nggak masalah. 

Penggunaan Sunscreen Lacoco Daily UV Counter SPF 50 di Wajah

Biasanya saya menggunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari, untuk menjamin proteksi ke kulit lebih maksimal. Walaupun jumlah tersebut emang banyak banget, tapi saya nggak mengalami masalah karena produk sunscreen Lacoco ini emang nyaman banget digunakan sebanyak apapun. Selain teksturnya ringan dan nggak bikin kulit jadi berminyak, produk ini juga nggak mengandung wewangian yang mengganggu. Bahkan cenderung nggak ada wanginya sama sekali. 

Setelah digunakan beberapa jam, di kulit saya yang cenderung berminyak dan mudah berkeringat, sunscreen ini nggak bikin wajah jadi tambah berminyak dan kusam. Kalau kamu tim anti sunscreen yang bikin kulit oily dan kusam, kamu boleh coba sunscreen Lacoco deh! Tipsnya, kamu tetap harus set complexion menggunakan bedak dulu ya, boleh compact powder ataupun loose powder.

sunscreen dua ruas jari, cara menggunakan sunscreen yang benar
penggunaan sunscreen sebanyak dua ruas jari

Saya juga nggak merasa produk ini memicu pori-pori tersumbat ataupun komedo, padahal kulit saya cenderung clogged-prone terutama di bagian dekat hidung. Saya sempat baca salah satu review pengguna sunscreen Lacoco ini dan bilang kulitnya mengalami break out, dan ada yang muncul komedo juga. Mungkin sebelum membeli kamu boleh cek dulu apakah ada ingredients sunscreen ini yang nggak cocok di kulit atau tidak. Another tips kalau kamu takut muncul komedo akibat penggunaan sunscreen, jangan lupa double cleansing dan menggunakan first cleanser yang oil-based untuk mengangkat sisa SPF di pori-pori kulit. Yup, sisa sunscreen memang perlu dibersihkan lebih seksama.

Harga Sunscreen Lacoco

Nah, the only downside about this product is…the price is not affordable for a sunscreen product. Untuk ukuran 20 ml, harga produknya adalah Rp 150.000 (harga di shopee official Lacoco). To be honest, menurut saya harga tersebut cukup tinggi untuk sebuah produk sunscreen yang setiap harinya digunakan dalam jumlah banyak. Tapi balik lagi, produk ini memang memenuhi setiap checklist sunscreen saya dan bisa dibilang ini salah satu produk sunscreen terbaik yang pernah saya coba, di antara brand lokal maupun brand luar. 

Setelah tube pertama ini habis, saya mungkin akan repurchase sunsreen ini tapi untuk digunakan di saat-saat tertentu aja, atau untuk go-to sunscreen yang saya bawa bepergian. Nah, semoga review Lacoco Sunscreen Daily UV SPF 50 PA+++ ini membantu ya untuk kamu yang lagi mau cari sunscreen! Kalau ada yang pernah coba juga produk ini, silahkan kasih pendapat kamu di komen, can’t wait to hear your thoughts about this product!

_______________________________

Halo, terima kasih ya sudah baca blog Somethingbitter.com,

Kenalan yuk, saya Azalia. Menulis skincare dan makeup sejak intern di Female Daily tahun 2017, lalu kembali menjadi kontributor di tahun 2019-2020, membuat saya jatuh cinta pada bidang ini. Selain nulis review di blog, saya juga suka bikin konten makeup transisi dan tips makeup dan skincare di instagram @azaliardn, if you found me from this blog please let me know, we can talk about skincare products too dan jadi teman ngobrol online hehe, hit me up on DM okay?

Di luar aktivitas membuat konten di platform milik pribadi, saya juga menjadi konten kreator untuk Chocolaspa dan menjadi SEO Specialist di Kompas.com sebagai pekerjaan penuh waktu saat ini.

Anyways, i’m a huge fan of local brand, dan kalau kamu dari tim brand skincare ataupun makeup lokal, hello to you! And please feel free to ask me to review your products, will give you full support and my best writing!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *