Collaboration,  Skin Care

SNP Cicaronic Series untuk Kulit Acne Prone dan Sensitif

Awal 2020 kemarin saya datang ke event salah satu brand skincare Korea, SNP dan ikutan launching rangkaian produk terbaru mereka yaitu SNP Prep Pepratonic Series. Kamu bisa baca tulisan saya tentang produk SNP Peptaronic disini untuk tau kenapa saya suka produk-produk di rangkaian Peptaronic.

Nah kali ini, SNP merilis lagi rangkaian skincare dengan ingredient combo yang menurut saya menarik banget, yakni Centella Asiatica dan Hyaluronic Acid. Rangkaian terbaru ini diberi nama SNP Prep Cicaronic Series. Buat kamu yang punya kulit Acne Prone dan Sensitif, you’re on the right track, keep reading!

snp cicaronic soothing cream dan snp cicaronic sos ampoule

Rangkaian Lengkap SNP Prep Cicaronic Series

Skincare SNP Prep Cicaronic Series terdiri dari empat produk, yaitu :

SNP Prep Cicaronic Toning Essence

SNP Prep Cicaronic SOS Ampoule

SNP Prep Cicaronic Soothing Cream

SNP Prep Cicaronic Daily Mask

Kebetulan saya dapat dua produk yaitu SNP Prep Cicaronic SOS Ampoule dan SNP Prep Cicaronic Soothing Cream dan saya suka banget menggunakan keduanya. Menurut info dari SNP, rangkaian produk Cicaronic ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama acne-prone dan sensitif.

Ingredient Utama SNP Cicaronic Series

Sama seperti series pendahulunya yang super laris manis, SNP Cicaronic Series diformulasikan dengan gabungan dua ingredient utama: Centella Asiatica dan Hyaluronic Acid. Keduanya merupakan skincare ingredient yang lagi hangat-hangatnya dibahas dimana-mana dan muncul di produk-produk skincare terutama skincare Korea, termasuk Cicaronic series.

Ingredient Hyaluronic Acid terkenal banget dengan kemampuannya melembabkan kulit, bikin kulit jadi lebih sehat dan supple, dan bantu mempercepat penyembuhan luka. Lagi lagi di produk SNP Cicaronic, Hyaluronic Acid yang digunakan adalah tiga lapis Hyaluronic Acid yang fungsinya untuk bisa memberikan kelembaban maksimal pada lapisan kulit.

Sementara ingredient Centella Asiatica punya peranan penting untuk menyembukan luka atau kerusakan pada kulit secara efektif, menenangkan dan merawat kulit iritasi dan punya sifat anti-inflammatory juga. Jadi, nggak salah kalau SNP menargetkan skincare Cicaronic untuk kulit acne prone dan sensitive yang memang butuh perawatan ekstra dan nggak boleh sembarangan menggunakan produk skincare.

Source : INCIdecoder.com
source : INCIdecoder.com

Dari analisa INCIdecoder.com, ingredient produk SNP Prep Cicaronic Soothing Cream termasuk minimal ingredient dengan bahan utama yang berfungsi sebagai antioksidan dan untuk menenangkan kulit.

Manfaat Rangkaian Skincare SNP Prep Cicaronic

Dengan ingredient Hyaluronic Acid dan Centella Asiatica, rangkaian skincare SNP Prep Cicaronic ini menurut saya memang pas banget diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dan acne-prone yang cenderung sering mengalami kemerahan, perih, ataupun gatal. Masing-masing ingredient ketika bekerja sendirian saja udah cukup “menolong” kulit yang lagi butuh extra care, apalagi ketika digabung dalam satu produk, I personally think it’s a perfect combo.

Packaging Produk

SNP Prep Cicaronic Soothing Cream mempunyai packaging tube berukuran 50gr. Dengan warna hijau putih dan material doff, produknya jadi keliatan classic dan mewah, tapi kekinian. Nah bingung nggak? Waktu SNP Peptaronic launching dengan packaging serba pink, saya suka juga dengan warnanya karena cute banget. Tapi saya jauh lebih suka packaging series Cicaronic yang kelihatan lebih simple dan elegan.

snp prep cicaronic soothing cream

Menurut saya ukuran produk 50gr adalah yang paling pas untuk produk ini, apalagi dengan bentuk packaging tube (dibandingkan dengan jar) yang jauh lebih higienis. SNP Cicaronic Soothing Cream ini bakalan pas banget dibawa kemanapun  in case of hydration emergency karena packagingnya yang nggak terlalu besar.

snp prep cicaronic sos ampoule

Sementara untuk produk SNP Prep Cicaronic SOS Ampoule, honestly it is something new for me. I always love the idea of a skincare-shot, alias kemasan skincare yang ditujukan untuk dihabiskan dalam satu kali pemakaian. Nah, SOS Ampoule ini bentuknya adalah botol kaca kecil berukuran 1.5ml sebanyak 7 pcs. Masing-masing botol digunakan untuk satu kali, selama 7 hari berturut-turut.

Menurut saya, packaging SOS Ampoule dari SNP ini bagus banget karena botolnya adalah botol kaca yang kelihatan sleek dan mahal. Cuma saya agak kebingungan di awal saat akan menggunakan produknya karena cara membuka packagingnya adalah dengan cara mematahkan bagian tengah botol kecilnya, dan itu lumayan keras banget. Jadi cukup struggle setiap malam, terus ketika sudah terbuka, bagian ujung-ujung kacanya tadi pun agak tajam jadi harus berhati-hati ketika menggunakan produknya. But it’s no biggie karena saya paham produk ampoule nggak bisa pakai sembarang packaging, mungkin kemasan kaca ini diperlukan supaya produk di dalamnya terlindungi dari udara luar.

 Tekstur Produk Cicaronic Soothing Cream dan SOS Ampoule

SNP Prep Cicaronic SOS Ampoule punya tekstur yang watery, hampir seperti toner tapi agak lebih tebal. Tadinya saya kira yang namanya produk ampoule pasti teksturnya lebih kental dibandingkan produk serum, ternyata ini malah sama sekali jauh dari bayangan. Walaupun teksturnya ringan, tapi produknya lumayan banyak dalam satu botol kecil. Jadi biasanya saya tuang setengah dulu lalu diratakan ke wajah, setelah itu saya tuang lagi sisanya untuk layer kedua.

Tekstur produk SNP Cicaronic Soothing Cream juga unik banget, mirip moisturizer cream yang cukup padat. Biasanya saya hanya pakai sedikit banget karena nggak perlu banyak produk untuk bisa meng-cover seluruh area wajah. Walaupun teksturnya cenderung tebal, Soothing Cream ini nggak meninggalkan kesan lengket di kulit.

Penggunaan Produk di Kulit Saya

Sejujurnya, saat saya akan mencoba produk SNP Cicaronic pertama kalinya, saya sedang dalam kondisi sudah tidak menggunakan skincare apapun selama sekitar satu bulan lebih. It’s a long story but you can imagine my skin being all dull, bertekstur, komedo dimana-mana, dehidrasi, dan kebetulan beberapa kali juga iritasi dan gatal karena alergi. Saya nggak berekspektasi macam-macam saat menggunakan produk SNP ini, I just need a product to help my skin heal slowly from the lack of skincare use in the past month.

Selama 7 hari kebelakang, urutan penggunaan skincare saat saya mencoba Cicaronic series adalah sebagai berikut :

  • First cleanser (micellar water jika sedang menggunakan makeup)
  • Masker atau face scrub (kadang-kadang)
  • Second cleanser (face wash)
  • SNP Prep Cicaronic SOS Ampoule
  • SNP Prep Cicaronic Soothing Cream (sebagai moisturizer)

Setelah proses cleansing saya langsung menggunakan produk SNP Prep Cicaronic SOS Ampoule sebagai pengganti hydrating toner sekaligus untuk treatment kulit yang kemerahan dan dehidrasi. Sempat ada satu hari dimana saya baru menggunakan produk physical exfoliator yang cukup bikin kulit kesiksa, hasilnya kulit saya jadi perih dan muncul kemerahan dimana-mana. Saya iseng pakai SOS Ampoule dan Soothing Cream dan ternyata hanya dalam sekitar 5 menit, kemerahan di kulit langsung mereda, begitu juga rasa perih dan gatal pasca eksfoliasi.

Jadi, setelah menggunakan Cicaronic SOS Ampoule, biasanya saya langsung lanjutkan dengan produk Cicaronic Soothing Cream supaya hidrasinya terkunci sekaligus membantu kulit lebih soothe lagi. And it works, everytime. Kulit saya jadi lebih tenang, bahkan moisture dari soothing cream biasanya masih tersisa di pagi hari walaupun dibawa tidur semalaman. And oh,  wangi dari kedua produk Cicaronic ini beneran soothing banget, nggak terlalu kuat wanginya, tapi membantu kasih sugesti untuk kita jadi lebih rileks saat agenda skincare routine di malam hari.

Kedua produk ini saya gunakan hanya di malam hari, selama 7 hari berturut-turut. Dalam beberapa hari ini saya bisa melihat perkembangan kulit saya yang jadi lebih supple, teksturnya jauh lebih halus bahkan kelihatan lebih cerah juga. Gatal-gatal dan kemerahan akibat iritasi juga jadi nggak muncul belakangan ini.

Hasil Pemakaian Setelah 7 Hari

Biasanya saya menggunakan produk skincare selama minimal 2 minggu hingga 1 bulan baru bisa menuliskan review, tapi kali ini waktu 7 hari sudah cukup untuk bisa melihat cara kerja produk yang saya gunakan yaitu Soothing Cream dan SOS Ampoule.

SOS Ampoule :

  • Instantly soothing! Kerasa banget waktu kulit saya lagi agak rashes dan kemerahan akibat penggunaan produk physical exfoliator, kulit langsung kalem begitu diaplikasikan produk SOS Ampoule. Ditambah lagi dengan wangi natural produknya yang menenangkan
  • Kulit saya kelihatan jadi lebih segar dan nggak lesu (kebayang kan kulit yang nggak dirawat sama sekali kayak gimana dull-nya?). Keliatan lebih cerah juga padahal pemakaian hanya 7 hari
  • Speeding up my skin recovery. Ini salah satu yang paling noticeable sejak hari pertama saya pakai combo Soothing Cream dan SOS Ampoule. Nama “SOS” pada produk menurut saya sama sekali nggak berlebihan karena kulit saya beneran jauh lebih baik kondisinya hanya dalam hitungan hari. Kalau kulit kamu butuh “pertolongan pertama” sehabis kena damage, plis cobain pakai SOS Ampoule ini!

Soothing Cream :

  • Jaga kelembaban kulit saya semalaman. I know this product is not marketed as a moisturizer, tapi ini salah satu yang paling kelihatan fungsinya. Ketika saya pakai Cicaronic Soothing Cream ini di malam hari, besok paginya masih akan kerasa sisa lapisan produk di kulit (without being annoyingly greasy ya). Intinya kamu bisa sekalian pakai produk Soothing Cream ini sebagai heavy duty moisturizer because it does the job locking the moisture into the skin. Kerennya lagi, pemakaian produk ini cukup sedikit aja karena bisa langsung diratakan ke seluruh bagian wajah.
  • Work wonders with SOS Ampoule. Ketika SOS Ampoule ngasih pertolongan pertama ke kulit, Soothing Cream bantu mengunci supaya ingredient-ingredient baik tadi nggak cepat terevaporasi ke luar kulit, jadi kulit pun bisa lebih intensively recovered.
  • Dalam 7 hari kulit saya kelihatan jauh lebih supple dan sehat. I knew right away kalau ini hasil kerja dari Soothing Cream karena produk ini mengandung cukup banyak ingredient emmolient yang fungsinya mengisi bagian-bagian kosong di kulit, makanya lapisan kulit jadi kelihatan lebih kencang dan supple.
  • Saya juga melihat perkembangan kulit saya yang jadi less problematic setelah memasukkan Soothing Cream ke night routine saya. Kulit yang tadinya dehidrasi, kering bahkan sampai mengelupas, sering kemerahan dan gampang banget iritasi jadi baik-baik aja selama beberapa hari ini. Padahal skincare yang dipakai super minimalis, cuma dua combo SOS Ampoule dan Soothing Cream aja (ini jujur sejujur-jujurnya ya). Kayaknya saya akan bawa Soothing Cream ini kemana-mana deh kalau-kalau kulit saya butuh “bantuan”.

Final Verdict

Menurut saya SNP Prep Cicaronic Series ini akan cocok untuk kamu yang kulitnya sedang dalam kondisi kurang fit, dan butuh kembali ke basic skincare tanpa kandungan aktif yang bisa mengiritasi kulit. Kondisi kulit yang dimaksud bisa berupa skin condition seperti eksim, rosacea, jerawat, bruntusan atau break out. Karena SNP Cicaronic di saya beneran membantu repairing kulit dan kasih efek soothing yang saya butuhkan. Saya jadi penasaran untuk cobain rangkaian produk lainnya dari series ini, pasti akan jauh lebih maksimal efeknya kalau menggunakan skincare dalam satu rangkaian sekaligus.

Kalau kamu mau coba produknya, SNP Prep Cicaronic Series sudah bisa kamu beli di e-commerce sejak November 2020 kemarin, berikut link masing-masing E-commerce :

atau kamu bisa cek review lainnya di instagram SNP Official Indonesia (link to : https://www.instagram.com/snpofficial.id/). Semoga review-nya membantu ya untuk kamu yang mau cobain series dari SNP ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *