Collaboration,  Skin Care

Nyobain Skincare Lokal Glowlabs dengan Clean Ingredients

Beauty is Pain adalah slogan yang amat usang di dunia kecantikan saat ini. Menurut saya, untuk jadi cantik kita nggak boleh sampai mengorbankan kesehatan dan keselamatan diri. Jalanin treatment yang nyiksa, atau pakai skincare yang belum tentu aman demi skin-goals tercapai dalam waktu singkat rasanya sudah tidak lagi relatable.

Terlebih di awal tahun 2021 ini, menurut saya udah semakin banyak dari kita yang sadar pentingnya penggunaan produk skincare yang aman, dan sudah banyak juga brand yang menyediakan pilihan produk dengan kandungan yang dijelaskan secara terang-terangan dan tanpa klaim berlebihan. Thanks to local brand like Glowlabs ini, sekarang kita nggak perlu pusing lagi cari produk dengan Clean Ingredients.

Kalau kamu belum pernah dengar tentang brand Glowlabs, yes they are a new local beauty brand yang mengeluarkan beberapa produk skincare dan mengusung Gentle Technology, Clean Ingredient dan Drone Technology pada produk-produknya. Brand ini menurut saya unik karena mengenalkan kita ke teknologi dan inovasi dari produk skincare dan seperti yang saya sebutkan di atas, Glowlabs juga termasuk ke dalam sedikit brand lokal yang sejak awal konsisten menggunakan Clean Ingredient.

Review Glowlabs Skincare Lokal

Kenapa penting menggunakan skincare dengan Clean Ingredient? Skincare Clean Ingredient adalah skincare yang telah diminimalisir dari penggunaan kandungan yang berpotensi mengiritasi kulit. Tujuannya tentunya supaya meminimalisir pula kemungkinan produknya bisa merusak kulit untuk jangka panjang. Produk Glowlabs sendiri bebas dari kandungan Paraben, SLS, Phtalates, Colorant, Drying Alcohol, Hydroquinone, Formaldehyde, Sulphites, Lanolin, BPA, Fragrance, Triclosan. Panjang ya listnya? Mengeliminasi kandungan-kandungan di atas bisa jadi tricky untuk formulasi sebuah produk, karena mau nggak mau brand jadi harus mencari pengganti kandungan yang lebih aman di kulit, so let’s appreciate brands who are willing to provide safe products for us to use in our daily routine!

Kenapa saya tertarik untuk coba produk Glowlabs?

Selain karena Clean Ingredient, produk-produk Glowlabs juga dilengkapi dengan Gentle Technology. Mereka menggunakan kandungan Lactokine pada setiap produknya, Lactokine adalah ingredients berbentuk Milk Protein dan Lactose yang fungsinya adalah untuk mengurangi potensi iritasi dari penggunaan active ingredients, baik itu powerful ingredients seperti Retinol, Vitamin C dan lainnya, atau exfoliating ingredients seperti AHA dan BHA.

Nggak hanya Lactokine, setiap produk Glowlabs juga diformulasikan dengan menambahkan kandungan Centella Asiatica. Iya, itu lho kandungan yang terkenal memiliki fungsi wound-healing dan mengatasi peradangan pada kulit. Kombinasi antara Lactokine dan Centella Asiatica bisa berperan untuk membantu memperbaiki dan memperkuat skin barrier, serta menenangkan dan melembabkan kulit. Jadi, nggak heran kalau produk ini akan cocok untuk semua tipe dan kebutuhan kulit, termasuk kulit sensitive dan berjerawat (acne-prone).

Oh iya, saya juga amazed banget karena salah satu produk Glowlabs memiliki fitur Drone Technology dimana kerja active ingredient bakalan jadi jauh lebih efektif di kulit karena teknologi ini. Drone Technology adalah fitur dimana active ingredient bisa langsung menarget area kulit yang paling membutuhkan bantuan, jadi seperti punya GPS gitu. More like smart ingredient, karena mereka bisa treat to target dan bekerja lebih tepat sasaran. Drone Technology digunakan pada ingredient Hyaluronic Acid di produk Peptide Moist.

Secara singkat, produk-produknya Glowlabs ini menurut saya bakalan cocok untuk digunakan siapapun, dengan tipe kulit apapun. Makanya saya wajib cobain juga dan kasih review untuk teman-teman yang lagi cari referensi skincare lokal.

Dua minggu ini saya nyobain tiga produk Glowlabs yaitu :
1. Gentle Glow Essence (Exfoliating Product)
2. Glo-C Serum (Vitamin C Brightening Serum)
3. Peptide Moist (Gel Moisturizer)

Yuk kita bahas satu persatu masing-masing produknya!

Glowlabs Gentle Glow Essence

Size : 100 ml
Price : Rp 125.000,-
What it is : Mild Exfoliating Essence
Key Ingredients : AHA 0,5%, BHA 0,5%, PHA 0,5%, LHA 0,5%, Centella Asiatica

Ingredient List : Aqua, Butylene Glycol, Methyl Propanediol, Centella Asiatica Extract, Ethoxydiglycol, Lactic Acid, Gluconolactone, Cetrimonium Chloride, Milk Protein, Salicylic Acid, Lactose, Chlorphenesin, Capriloyl Salicylic Acid

Dengan kandungan masing-masing exfoliating agent di bawah 1%, menurut saya Gentle Glow Essence ini adalah pilihan exfoliating product yang paling cocok untuk pemula atau pemilik kulit sensitif. Nggak hanya persentase exfoliating ingredient-nya yang rendah, produk ini juga dibekali Lactokine dan Centella Asiatica untuk melindungi kulit dari potensi iritasi.

Saya tipe yang lebih suka exfo toner yang punya kandungan AHA dan BHA sekaligus daripada yang terpisah. AHA bisa mengangkat sel kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru, sementara BHA berfungsi membersihkan lebih ke dalam pori-pori dan mencegah produksi minyak berlebih. It helps with my clogged pores, komedo hitam dan komedo putih juga jadi nggak cepat muncul. Ada PHA dan LHA juga yang berfungsi melembabkan, anti iritasi dan bantu menyamarkan tampilan pori-pori.

Sebagai pemilik kulit eksim dan kebetulan beberapa minggu belakangan ini sedang ada area kulit yang sering kemerahan, saya sama sekali nggak merasa produk ini menambah iritasi di kulit. Sejak pemakaian pertama sampai sekarang sudah lebih dari 2 minggu, sama sekali nggak pernah ada experience kulit terasa perih dan tingling sedikitpun.

Saya menggunakan essence ini setiap malam, segera setelah mencuci muka dengan facial wash. Teksturnya watery dan tanpa fragrance, jadi hanya ada scent dari campuran ingredient aja. Menurut saya baunya samar dan sama sekali nggak mengganggu. Toner ini jadi andalan daily exfo saya, hasilnya komedo jadi jarang bertamu, dan kadar minyak pun jadi lebih terkontrol.

Glowlabs Glo-C Serum

Size : 20 ml
Price : Rp 150.000,-
What it Is : Brightening Vitamin C Serum
Key Ingredients : Ethyl Ascorbic Acid 10%, Tranexamic Acid 1%, Centela Asiatica

Ingredient List : Aqua, 3-0 Ethyl Ascorbic Acid, Glycerin, Centella Asiatica Extract, Butylene Glycol, Ethoxydiglycol, Hydroxyethylcellulose, Tranexamic Acid, Milk Protein, Lactose, Disodium EDTA, Chlorphenesin

Untuk kulit kusam, saya baru pernah menggunakan serum Niacinamide dan Alpha Arbutin. Ingredient powerful ketiga yang bagus untuk mencerahkan kulit adalah Vitamin C dan akhirnya saya punya Vitamin C Serum pertama saya dari Glowlabs. Kondisi kulit saya nggak pernah secerah dan sesehat ini, dan kayaknya ini karena peran dari Glo-C Serum salah satunya. Selain mencerahkan kulit, Vitamin C juga terkenal dengan kapasitasnya sebagai antioksidan dan collagen booster. Dalam dua minggu pemakaian serum ini, lumayan kelihatan perbedaan untuk tingkat kecerahan kulit, bekas jerawat slow but sure semakin samar warnanya, kulit juga jadi kelihatan lebih plump dan nggak sagging.

Tenang aja, walaupun kedengaran sangat powerful, tapi Glo-C Serum ini menggunakan ingredient Ethyl Ascorbic Acid yang merupakan turunan Vitamin C paling stabil dan lebih ramah untuk semua tipe kulit. Fungsinya mencerahkan dan meratakan warna kulit, memudarkan hiperpigmentasi (dark spot, PIH, PIE, melasma) dan menstimulasi produksi kolagen.

Ada satu lagi key ingredient yang jadi goodies di serum ini yaitu Tranexamic Acid 1%, ini salah satu kandungan yang masih jarang dapat highlight dan ditemukan di produk lokal, padahal ingredient TXA ini bagus untuk mengatasi hiperpigmentasi dan menghambat terbentuknya melanin sehingga kulit nggak gampang kusam dan muncul noda bekas jerawat. Dia juga bagus untuk memperkuat skin barrier, dan memang biasanya jadi tandeman Vitamin C karena keduanya saling melengkapi.

Serum ini juga no fragrance, wanginya ada sedikit citrus tapi samar banget. Teksturnya cukup runny dan ringan, ketika di apply ke kulit jadi super licin, tipe tekstur serum yang enak banget untuk di massage ringan. Again, dari awal pemakaian experience-nya sangat smooth, nggak ada breakout bahkan nggak ada sedikitpun rasa nggak nyaman, sama sekali.

Glowlabs Peptide Moist

Size : 20g
Price : Rp 99.000,-
What it Is : Lightweight Moisturizer for All Skin Type
Key Ingredients : Hyaluronic Acid 2%, Tripeptide 1%, Centella Asiatica

Ingredient List : Aqua, Methyl Propanediol, Glycerin, Centella Asiatica Extract, Butylene Glycol, Trimethylsiloxysilicate, Cyclopentasiloxane, Polyacrylamide, Ethoxydiglycol, Palmitoyl Tripeptide-1, Sodium Hyaluronate, C13-14 Isoparaffin, Phenoxyethanol, Xanthan Gum, Hydroxyethylcellulose, Laureth-7, Milk Protein, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Peg-9 Diglycidyl Ether/Sodium Hyaluronate Crosspolymer, Potassium Hyaluronate, Hyaluronic Acid, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Hydrolized Sodium Hyaluronate, Tetrasodium EDTA, Disodium EDTA, Chlorella Vulgaris Extract, Lactic Acid, Glycolic Acid, Polyvinyl Alcohol, Lactose, Chlorphenesin.

Dari sebelum nyobain Peptide Moist, saya udah tau kalau ini bakalan jadi salah satu produk kecintaan banget. Tipe teksturnya adalah gel ringan tapi kerasa kalau kandungannya rich. Setiap dipakai di kulit rasanya adem padahal nggak disimpan di chiller, dan karena ada kandungan Tripeptide yang bagus untuk anti-aging, jadi saya sering kasih extra layer di area bawah mata sebagai eye cream.

Moisturizer ini punya banyak kandungan humektan yang fungsinya menarik kadar air ke permukaan kulit, termasuk Hyaluronic Acid yang bisa menahan air 1000x lebih banyak dibanding bebannya sendiri. Kerennya lagi, kandungan HA di Peptide Moist dilengkapi Drone Technology jadi bisa langsung menarget area kulit yang paling butuh hidrasi.

Karena produknya water-based, jadi teksturnya emang nyaman banget digunakan baik di AM ataupun PM routine. Tapi ya itu tadi, menurut saya moisturizer ini melengkapi kerja Glo-C Serum terutama bikin kulit kelihatan jauh lebih kenyal, sehat dan mengurangi tampilan pori-pori di sekitar T-Zone saya. Extra point karena saya bisa pakai produk ini sebagai eye treatment juga hehe.

Dari foto before after ini, saya notice ada beberapa perkembangan yang terlihat di kulit saya :
1. Warna kulit lebih rata (perbedaan tone belum terlalu terlihat karena baru pemakaian 8 hari juga)
2. Pori-pori di pipi bagian dalam sebelah kanan dan kiri terlihat lebih kecil
3. Whitehead di hidung jauh berkurang, biasanya saya menggunakan ekstraksi komedo tapi ini nggak sama sekali!
4. Kulit lebih glowing (kelihatan dari pantulan cahaya ringlight di bagian pipi), padahal di kedua foto sama-sama habis cuci muka dan tidak menggunakan produk apapun selain lipstick dan alis
5. Yang paling terlihat adalah bekas jerawat kemerahan dan kehitaman di area pipi kanan, pipi kiri, dan dagu terlihat lebih samar. Bahkan sebenarnya ada bekas jerawat yang udah dari bertahun-tahun nggak mau hilang, akhirnya mulai keliatan progressnya!

Improvement yang saya sebutkan di atas itu terlihat dalam penggunaan kurang lebih seminggu aja, seneng banget!

Dari ketiga produk Glowlabs, hampir nggak ada minus yang bisa saya mention di review ini. Kecuali soal packaging yang terbilang kecil untuk serum dan moisturizernya. Semoga habis ini Glowlabs bikin versi ukuran besar yaaa karena saya sih pasti bakalan nyetok di rumah.

In conclusion, ketiga produk Glowlabs yang saya coba ini walaupun kandungannya gentle tapi tetap kasih hasil maksimal di kulit saya. Jadi, merawat kulit nggak perlu lagi pakai produk atau treatment yang painful dan nyiksa kulit kalau memang produk yang gentle pun udah “ngaruh banget”, setuju? Yaudah, langsung ke official store Glowlabs di Shopee aja ya kalau kamu keracunan review ini. You’re welcome dear!

By the way kalau mau beli produk Glowlabs kamu bisa juga cek link berikut ini yaa untuk masing-masing produknya di Shopee Official Glowlabs :

Gimana, kamu ngincer produk Glowlabs yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)