Rekomendasi Skin Care dan Obat untuk Atopic Dermatitis

Melanjutkan pembahasan sebelumnya tentang Atopic Dermatitis yang jadi musuh saya beberapa bulan terakhir ini, di post kali ini saya akan share beberapa skincare rekomendasi yang bisa membantu ‘menjinakkan’ AD biar nggak terlalu gatal ataupun kering sampai iritasi. Sebenarnya artikel tentang rekomendasi skin care saya udah sempat naik di blog Female Daily, tapi di postingan ini saya akan sedikit melengkapi daftar produknya dengan beberapa skincare yang direkomendasikan oleh pembaca Female Daily dan juga tips-tips buat mencari skin care yang cocok untuk kulit Atopic Dermatitis.

Beberapa rekomendasi produk untuk kulit Atopic Dermatitis

Starting with face wash,

Salah satu penyebab kulit wajah saya jadi kering kayaknya memang karena face wash yang mengandung alkohol. Makanya saya kemudian ganti dengan jenis sabun muka yang lebih mild seperti yang disaranin sama dokter SpKK. Kuncinya, cari kandungan sabun cuci muka yang aman untuk kulit sensitif. Kandungan seperti alkohol, perfume, ataupun kandungan harsh lainnya bisa bikin kulit wajah jadi kering bahkan iritasi. You don’t want that. Selain itu bisa ditambah juga cari face wash dengan kandungan yang hydrating misalnya Hyaluronic Acid.

Baca Juga : Pengalaman Saya dengan Dermatitis Atopik

Rekomendasi face wash dari saya adalah Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash, alternatif lainnya dari rekomendasi pembaca Female Daily kamu bisa coba Cetaphil Gentle Cleanser, Hada Labo Gokujyun Foaming Face Wash, atau Wardah Ligthening Gentle Wash. Jangan lupa selalu cek ingredients produk sebelum membeli ya!

Next, face moisturizer

Ini part penyelamat paling penting, jadi jangan sampai dilewatin ya. Karena kulit yang Atopic Dermatitis itu cenderung kambuh saat kulit kita kering, karena jika kulit terlalu kering akan menimbulkan gatal-gatal dan kalau digaruk malah semakin parah. Kamu bisa cari dengan keyword ‘pelembap muka untuk kulit dermatitis atopik’ untuk mencari produk yang khusus ditujukan untuk kulit Atopic Dermatitis. My suggestion, cari kandungan seperti Ceramide, Glycerine, Hyaluronic Acid atau ingredients lainnya yang berfungsi melembapkan kulit secara maksimal. Wajib banget memperbaiki protective skin barrier kita biar nggak kulit nggak cepat kering.

Produk rekomendasi dari saya untuk pelembap wajah adalah Cerave Moisturizing Cream, pilihan lainnya ada FIRST AID BEAUTY Ultra Repair Cream Intense Hydrating, atau Cerave Facial Moisturizing Lotion PM.

Beralih ke produk untuk badan, yakni body wash

Nah, untuk sabun badan, kalau mau praktis kamu bisa beli sabun bayi aja karena sudah pasti aman digunakan untuk kulit bayi yang jauh lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Dokter juga menyarankan saya untuk pakai sabun bayi aja, tapi saya sendiri sudah punya sabun favorit yang juga aman untuk kulit sensitif dan tentunya extra melembapkan. Sabun yang ada kandungan milk, goat milk, bisa banget jadi pilihan kamu. Sama seperti sabun untuk wajah, sebaiknya hindari juga kandungan parfum dan irritant lainnya.

Baca Juga : Review Wardah Micellar Water

Kalau sabun yang saya pakai sekarang adalah Lervia yang Avocado (I swear I’ll repurchase this over and over karena wanginya seenak itu!), dan Leivy Double Moisturising Shower Cream. Sementara rekomendasi lainnya cukup banyak nih, kalian bisa ganti-ganti produk juga kalau bosan, ada Lactovit Lactourea, Avene Xeracalm AD Cleansing Oil, Dove Sensitive Skin Nutrium Moisture, Pigeon HypoAllergenic atau Nubian African Black Soap.

Lanjut! Masuk ke body lotion

Sama pentingnya seperti moisturizer untuk muka, pelembap alias lotion untuk badan juga harus dipakai secara rutin. Saya sendiri kulit di bagian tangan, kaki, leher, bahkan hampir seluruh badan cenderung kering makanya nggak bisa skip yang namanya body lotion. Kalian bisa cari pelembap yang punya kandungan aloe vera, cucumber, ataupun kandungan soothing lainnya yang juga bersifat inflammatory untuk membantu meredakan peradangan di kulit Atopic Dermatitis kamu.

Pilihan body lotion juga sangat banyak, contohnya Derma E Itch Relief Lotion, Clarins Renew Plus Body Serum, Jergens Aloe Soothing Moisturizer dan beberapa produk lainnya.

Selain 4 macam produk skin care yang wajib tadi, ada juga tambahan skincare lain yang bisa kalian selipkan di sela-sela skincare routine. Kalau saya pribadi sangat terbantu dengan penggunaan Laneige Water Sleeping Mask 2 atau 3 kali dalam seminggu setiap mau tidur. Karena sleeping mask ini menghidrasi kulit selama kita tidur jadi waktu kita bangun pagi-pagi kulilt kita udah super lembap banget .

Selain itu saya juga akan selang-seling pakai sheet mask merk apapun yang punya kandungan melembapkan deh pokoknya, misalnya green tea, cucumber, chamomile. Favorit saya sheet mask dari Mentholatum Beauty Mask yang Collagen Firming warna ungu. Seriously it works well moisturizing my skin! Bisa juga kalau mau coba yang agak lebih pricey seperti SKII FTE, atau Caudalie Vinosource S.O.S Thirst-Quenching Serum.

Nah, terakhir adalah produk obat yang bisa dipakai di saat-saat darurat kalau Atopic Dermatitis lagi kambuh parah.

Waktu itu dokter kasih saya dua obat, pertama obat racikan gitu tapi udah habis, dan satu lagi Medicort Fluticasone Propionate Cream 0.05% yang bentuknya mirip obat jamur atau obat jerawat drugstore gitu hehe. Alternatif obat lainnya bisa cek di tabel yang saya bikin di atas yaa! Kalau kamu punya rekomendasi produk lainnya please kindly put it down in the comment section. Semoga membantu! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *