[Review] Studio Tropik #Flawless Priming Water

Sebagai pemilik kulit dry to sensitive, saya sering menggunakan face mist untuk sehari-hari. Bukan untuk step skin care di pagi atau malam hari sih, tapi lebih untuk menyegarkan dan melembapkan kulit wajah di siang hari. Beberapa bulan terakhir saya selalu menggunakan facial spray Evian dan Studio Tropik setelah berpanas-panasan naik ojek online atau saat sore hari kulit terasa kering karena seharian terpapar udara AC. Kedua face spray ini membantu banget bikin wajah lebih fresh dan terhidrasi, lumayan handy untuk pertolongan pertama supaya kulit nggak dehidrasi.

Bulan lalu kebetulan Evian saya habis (karena literally dipakai setiap hari) dan belum sempat untuk re-purchase. Saat mau cari-cari online shop yang jual Evian di Shopee, saya kepikiran untuk beli produk Studio Tropik Priming Water yang emang udah dari akhir tahun 2017 lalu dibahas kakak-kakak Female Daily. Studio Tropik ini memang sebenarnya produknya adalah priming water alias primer, tapi banyak juga yang sering pakai sebagai face mist. Nah, kebetulan juga bulan lalu adik saya wisuda dan nggak berencana untuk pakai jasa Makeup Artist, jadi ya sekalian aja saya beli Studio Tropik ini buat dipakai saat event wisuda tadi.

Studio Tropik Priming Water sebenarnya punya dua varian, yang pertama adalah Studio Tropik Flawless Priming Water dengan packaging botol berwarna pink. Varian pertama ini ditujukan untuk yang memiliki kulit normal to dry. Sedangkan varian lainnya yang berbotol biru, Studio Tropik Original Priming Water dikhususkan untuk pemilik kulit normal to oily. Saya sendiri beli yang Flawless Priming Water pastinya, karena kulit saya lebih sering kering daripada berminyak.

Source : instagram.com/studiotropik

Packaging

First thing first, packaging buat saya sangat penting ya. Sebagus apapun produk skin care ataupun makeup, kalau packagingnya kurang bagus dan functional saya bakalan males pakainya. Produk Studio Tropik menurut saya punya packaging yang hampir sempurna, dengan kemasan botol spray berukuran 150 ml, pas banget untuk di bawa-bawa travelling. Botolnya terbuat dari plastik tertutup, sama sekali nggak berat, dan dilengkapi dengan tutup botol jadi nggak perlu takut bagian spray-nya akan kotor. Sayangnya, menurut saya alat spray produk ini kurang enak digunakan. Ketika dipencet, spray-nya hanya terbagi ke dua arah, atas dan bawah, menurut saya produknya jadi nggak tersebar dengan rata ke wajah. Kalau disbanding sama alat spray Evian, punya Evian jauh lebih rapat dan bikin produknya tersebar dengan rata.

Ingredients

Aqua, Glycerin, Rosa centifolia flower water (rosewater), 1,2-Hexanediol, Disodium EDTA, Aloe barbadensis gel (aloe vera), Xanthan gum, Quaternium-15, Dimethicone, Hydrogenated lechitin, PEG-40 hydrogenated castor oil, Fragrance.

Kandungan di dalam produk priming water Studio Tropik bisa dibilang friendly untuk semua jenis kulit. Di baris pertama ingredients list kita bisa temukan kandungan glycerin sebagai bahan humectant yang melembapkan kulit, ditambah juga ada rosewater yang membantu menenangkan kulit plus jadi kandungan anti-aging. Terakhir, priming water ini juga dilengkapi kandungan aloe vera yang kita semua tahu bagus banget untuk soothing, cooling dan juga mengurangi kemerahan di kulit wajah.

Sebenarnya kandungannya sesuai dengan klaim Studio Tropik sih, “skin loving ingredients”, karena produk ini diformulasikan tanpa paraben, sulfate, alcohol, mercury dan formaldehyde. Tapi jujur saya kadang suka merasa agak gatal ketika pakai produk ini sebagai primer sebelum makeup, dan kemungkinan besar penyebabnya adalah kandungan parfum yang memang menurut saya cukup kuat.

Source : instagram.com/studiotropik

Cara Pakai

Pertama kali saya pakai priming water Studio Tropik, saya ikutin instruksi cara pakai produk ini, yakni dengan menyemprotkan produk ke arah wajah dengan jarak sekitar 20 cm. Basically, produk ini berfungsi sebagai primer, jadi penggunaannya bisa diselipkan setelah rangkaian skin care dan sebelum mulai masuk ke produk makeup. Tapi seperti yang sudah saya bilang di atas, kulit saya sempat kerasa agak gatal-gatal ketika pakai produk ini di wajah yang masih bare face, akhirnya saya ganti urutan penggunaan produk ini jadi di tengah-tengah makeup dan kadang kalau perlu saya pakai lagi setelah selesai makeup. Dengan cara ini untungnya kulit saya lebih bisa mentolerir produknya dan menurut saya priming water ini masih tetap bisa bekerja sesuai fungsinya.

Hasil Penggunaan

Varian Studio Tropik Flawless Priming Water ini kan sebenarnya memang ditujukan untuk memberikan kesan wajah dewy dan halus, dan ditujukan untuk pemilik kulit normal to dry seperti saya. Well, it does the job dan klaimnya terbukti, hasil makeup akan terlihat jauh lebih dewy setelah menggunakan priming water ini apalagi kalau dia digunakan di akhir. Tapi sayangnya, menurut saya, efek dewy yang dihasilkan lebih ke kesan berminyak daripada glowing, padahal kulit saya kering lho. Tapi ini berdasarkan pengalaman penggunaan di saya sendiri ya, nggak tau apakah banyak juga yang suka dengan efek dewy finish dari Studio Tropik ini. Jadi biasanya, setelah saya pakai powder saya akan semprotkan cukup banyak priming water, tapi kalau ternyata hasilnya terlihat terlalu glowing saya akan kembali tambahkan sedikit powder supaya kulit wajah saya nggak kelihatan terlalu mengkilap.

Source : instagram.com/studiotropik

The good thing about this product menurut saya dia berfungsi baik juga sebagai setting spray yang sanggup bikin makeup tahan lebih lama seharian. Tapi produk ini sama sekali nggak pernah klaim produknya bisa untuk menahan makeup ya, jadi itu sebagai bonus aja. Yes, I mean who doesn’t love multifunctional products ya kan? Jadi lebih ringkas deh kalau travelling, nggak perlu bawa dua produk primer dan setting spray berbeda.

Conclusion

Sejauh ini saya belum bisa bilang saya suka produk ini, karena pertama saya kurang suka efek dewy tadi yang menurut saya terlalu ‘hinyai’, dan saya juga kurang suka wangi parfumnya yang lumayan kencang dan terbukti bikin agak gatal-gatal di kulit saya yang kebetulan punya riwayat Dermatitis Atopik. Tapi jujur saya masih berusaha biar suka dan tetap saya pakai untuk daily makeup juga kok. Mungkin kalau produk ini habis saya akan coba yang Studio Tropik Original Priming Water, semoga aja finish-nya lebih friendly di kulit saya. Menurut saya sebagai produk baru dan dari brand local, Studio Tropik punya konsep yang fresh dan produ-produknya beneran inovatif, so buat yang belum coba ini kayaknya harus banget coba deh! Harga kedua varian priming water Studio Tropik adalah Rp 99.000 dan bisa dibeli di website Studio Tropik, dan beberapa e-commerce. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *