Collaboration,  Skin Care

Review Scarlett Whitening Acne dan Brightly Ever After Serum

Salah satu produk skincare yang paling sering saya gonta-ganti adalah serum. Selain karena seneng coba-cobain produk baru, saya juga mencoba menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit saya yang memang sering berubah. Nah kali ini, karena pas banget lagi muncul jerawat PMS, saya nyobain salah satu produk serum lokal yang hits yaitu dari Scarlett Whitening. Saya coba dua serum mereka yaitu Scarlett Acne Serum dan Scarlett Brightly Ever After Serum.

Kedua produk serum ini jadi produk skincare pertama dari brand lokal ini. Sebelumnya Scarlett terkenal banget sama produk body care yang wanginya enak-enak banget, saya juga pengguna shower gel-nya yang warna ungu. Yuk langsung bahas kedua serum Scarlett!

Packaging

Kedua serum memiliki kemasan botol serum doff berukuran 15 ml. Saya suka material botolnya yang terlihat kokoh dan desainnya yang cantik. Ukuran 15 ml untuk produk serum menurut saya memang agak terlalu sedikit, tapi ternyata setelah pemakaian rutin serum Brightening baru habis setelah 3 minggu, bahkan serum Acne saya masih tersisa banyak karena penggunaannya memang nggak perlu terlalu boros. Satu kekurangannya dari segi kemasan, karena materialnya doff dan cenderung tebal, saya agak kesulitan melihat isi produknya, jadi kemarin saya sempet kaget kok tiba-tiba ternyata serumnya sudah habis aja hehe.

Ingredients

Kandungan utama Scarlett Acne Serum terdiri dari : Tea Tree Water, Jeju Centella Asiatica, Vitamin C, Salicylic Acid dan Liquorice Extract.

Menurut saya, kandungan serum ini cukup balance. Ada Tea Tree Water dan Salicylic Acid yang berfungsi sebagai acne-fighting ingredient yaitu untuk meredakan peradangan saat jerawat muncul dan melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus mengangkat kotoran penyumbat pori-pori dan mengurangi kelebihan minyak di kulit. Ada juga kandungan yang sifatnya soothing dan healing yaitu Jeju Centella Asiatica, Vitamin C dan Liquorice Extract. Ketiganya bisa mempercepat penyembuhan luka di area jerawat, menjaga kelembaban kulit, dan mencegah hiperpigmentasi pasca jerawat.

Kandungan utama Scarlett Brightly Ever After Serum terdiri dari : Lavender Water, Phyto Whitening, Niacinamide, Glutathione, Vitamin C.

Ini salah satu brightening serum yang ingredient brightening-nya paling lengkap, ada empat sekaligus. Jadi bisa mencerahkan, meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, menyamarkan noda hitam dan kemerahan sekaligus memberikan perlindungan ke kulit. Walaupun ingredient-nya berlapis, tapi di saya nggak ada efek harsh ke kulit.

Tekstur

Kedua serum Scarlett punya tekstur menarik. Untuk serum Acne, teksturnya sangat runny dan watery, menurut saya bahkan ini seencer tekstur produk toner. Karena teksturnya yang sangat ringan, produknya jadi super gampang menyerap ke kulit bahkan hampir nggak perlu nunggu sama sekali untuk layering produk berikutnya.

Sementara untuk serum Brightly Ever After teksturnya seperti serum biasa, di tengah-tengah banget jadi nggak terlalu runny tapi juga bukan tipe serum yang kental banget. Spreadability-nya pun bagus dan cenderung mudah menyerap ke kulit. Masih enak banget untuk ditumpuk produk serum lain.

Cara Penggunaan

Nah, karena keduanya menggunakan bahan aktif yang cukup potent, jadi disarankan untuk nggak menggunakan secara bersamaan. Sebaiknya dipilih penggunaannya sesuai kondisi kulit saat ini. Kalau saya, biasanya saya gunakan Scarlett Acne Serum hanya saat ada jerawat aktif saja, kalau jerawatnya sudah kering dan nggak terasa sakit akan saya stop dulu penggunaan serumnya. Sementara untuk Scarlett Brightly Ever After Serum lebih fleksibel, yang penting saat kulit tidak berjerawat biasanya bisa saya gunakan rutin bahkan di-layer dengan serum lainnya pun nggak masalah.

Kedua serum bisa digunakan pagi dan malam hari. Untuk serum acne biasanya saya gunakan di area yang berjerawat atau berkomedo saja. Atau seminggu sekali saya gunakan di seluruh wajah sekaligus berfungsi sebagai exfoliating serum karena ada kandungan Salicylic Acidnya untuk mengangkat sel kulit mati.

Untuk serum brightening, saya juga gunakan pagi dan malam hari, kadang satu pump, kadang dua pump tergantung kebutuhan kulit. Kalau kulit sedang nggak terlalu kering, serum ini cukup terasa menghidrasi jadi nggak perlu pakai produk hydrating bertumpuk-tumpuk lagi.

Hasil Penggunaan Scarlett Serum di Saya

Scarlett Acne Serum buat saya sangat membantu meredakan peradangan pada jerawat yang lumayan menyiksa. Biasanya jerawat yang tadinya sakit jadi lebih kalem dan lebih cepat mengecil. Selain itu komedo di area hidung juga jadi nggak gampang muncul. Selama penggunaan serum ini pun nggak ada reaksi negatif, bahkan nggak ada sensasi tingling atau celekit juga sejak awal pemakaian.

Nah kalau Scarlett Brightly Ever After Serum di saya sempat terasa agak tingling tapi hanya beberapa detik biasanya dan nggak ada efek lebih lanjut lagi. Dalam waktu kurang lebih 3 minggu saya habiskan satu botol dan kulit saya kerasa lebih lembab, warnanya lebih merata, dan lebih cerah juga. Buat saya, efek brightening dari serum ini bukan yang bikin cerah overnight dan bikin tone kulit jadi naik beberapa tingkat. Tapi nggak apa-apa justru lebih baik pilih serum yang aman di kulit dan efeknya perlahan tapi bikin kulit terlihat lebih sehat.

Kedua serum Scarlett ini sudah terdaftar di BPOM ya pastinya. Harganya untuk ukuran 15 ml hanya Rp 75.000 aja, jujur ini serum paling on budget kayaknya dari brand lokal. Jadi kalau kamu belum cobain sayang banget, mending langsung cek Official Store Scarlett di Shopee dan check out serumnya sesuai kebutuhan kulit kamu. Oh iya, rangkaian skincare Scarlett juga udah punya produk terbaru yaitu day cream dan night cream, semoga saya bisa review juga ya nanti.

Semoga reviewnya membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *