Collaboration,  Makeup

Review Masami Cosmetics LoveSkin Cushion di Kulit Berminyak

Buat beauty enthusiast pasti udah nggak asing lagi sama brand yang punya produk berbagai beauty tools yaitu Masami Shouko. They’re well-known for selling high quality makeup tools like eyelash curler, brush set, beauty case, dan banyak lagi yang lainnya. Saya penggemar brush dan penjepit bulu mata Masami Shouko, kalau makeup case kebetulan belum pernah kesampaian beli.

Masami Shouko sekarang ngeluarin produk-produk makeup dengan nama brand Masami Cosmetics! Produk yang dirilis udah cukup banyak, ada cushion, highlighter, pensil alis, eyeliner, makeup eraser, lip tint, dan velvet lip product. Kali ini saya akan bahas salah satu produk yang paling bikin penasaran yaitu Masami Cosmetics LoveSkin BB Cushion alias produk cushion Masami.

Sedikit spoiler, dari 4 cushion lokal yang pernah saya coba, cushion Masami LoveSkin Cushion ini yang paling cocok untuk saya dan menurut saya bakalan cocok juga di banyak orang.

Packaging dan Aplikator

Masami LoveSkin Cushion ini punya packaging full berwarna hitam, dengan ukuran yang compact banget. It’s not the thinnest cushion packaging, tapi yang penting ukurannya pas banget di genggaman tangan dan masih cocok untuk dibawa di makeup pouch berukuran kecil. Saya kurang suka produk cushion yang kemasannya bulky karena biasanya produk cushion kan ditujukan untuk bisa dibawa bepergian untuk touch up ataupun dengan alasan dibanding membawa botol foundation yang berat dan lebih riskan pecah. Warna hitam dan material glossy pada packaging, ditambah dengan desain yang simple banget, bikin keseluruhan kemasan cushion terlihat “mahal” dan berkelas.

Kemasan dan aplikator berbentuk teardrop

Untuk aplikatornya, saya apresiasi banget Masami Cosmetics karena menghadirkan puff dengan bentuk teardrop yang bisa menjangkau area sudut-sudut wajah seperti sela-sela hidung atau inner-corner mata yang biasanya susah banget dijangkau puff cushion berbentuk bulat biasa. Selain itu, material puff nya juga seperti sponge halus tapi bertekstur firm jadi nggak terlalu banyak menyerap produk.

Aplikator pada produk cushion buat saya berperan penting banget karena ya lagi-lagi produk cushion idealnya diciptakan untuk jadi produk go-to yang praktis, nggak perlu tambahan aplikator terpisah, nggak perlu bawa cermin terpisah. Semuanya udah built-in dan harus mendukung fungsi produk cushion-nya sendiri, bukan cuma sekedar aksesori pelengkap. Oh iya, cermin bawaannya juga berukuran cukup besar. Memang kalau urusan tools udah nggak usah diragukan lagi sih karena Masami Cosmetics pasti bikin yang high quality dengan functionality maksimal juga.

Whats Inside this Cushion?

Masami Cosmetics mengklaim LoveSkin BB Cushion ini sebagai produk 3-in-1, selain sebagai cushion foundation, dia juga mengandung skincare dan sun-protection maksimal yaitu SPF 50 PA++++, keren ya?

Kandungan skincare dalam cushion ini terdiri dari :

  • Niacinamide 2% :  Kandungan skincare nomor satu andalan saya, berfungsi mencerahkan, melembabkan dan memperkuat skin barrier
  • Hibiscus Flower 9% : Merupakan sumber kolagen sekaligus memperkuat skin barrier
  • Hyaluronic Acid & Argan Oil : Melembabkan kulit
  • Allantoin : Bersifat soothing untuk kulit sensitive
  • Adenosine : Bersifat anti-aging dan firming

Produk ini juga nggak mengandung paraben, sulfate, phthalate, dan mineral oil. Menurut saya, produk ini termasuk kandungan skincare-nya cocok untuk semua tipe kulit termasuk normal, kering, kombinasi ataupun berminyak. Kandungan ­­skincare di atas bertujuan agar produk cushion ini bisa cocok digunakan untuk pemilik skin concern kulit sensitif, berpori-pori besar, dan blemish-prone.

Saat ini masih belum banyak produk hybrid antara skincare-makeup seperti cushion ini, tapi kedepannya kemungkinan bakalan jadi tren baru yang menarik banget. Karena selain bisa menutupi imperfection di kulit dengan kandungan foundation, kita juga bisa sambil merawat kulit. Di saya pribadi, nggak ada reaksi negatif sama sekali selama seminggu menggunakan produk ini, seperti pakai cushion biasa aja tapi jauh lebih terasa nyaman di kulit.

Tekstur dan Formulasi Produk

Bagian kemasan spons tempat mengambil produk cushion memiliki tekstur yang cukup firm, jadi saat mengambil produk kita bisa mengontrol dengan baik jumlah produknya. Nggak terlalu banyak, nggak terlalu sedikit juga. Ketika diaplikasikan ke kulit, teksturnya ringan banget dan sangat  blendable, karena memang cushion ini klaimnya memiliki formulasi weightless, dan saya setuju.

Walaupun ringan di kulit, tapi coverage LoveSkin Cushion ini lumayan banget lho! Di saya, dia berhasil meratakan warna kulit, dan menyamarkan kemerahan yang lumayan membandel. Medium coverage, kemungkinan bisa juga digunakan beberapa layer untuk menambah coverage-nya. Oh iya satu lagi yang saya suka dari formulasi cushion ini, dia minimal-transfer alias nggak mudah luntur terutama ketika saya bepergian menggunakan masker. Dibanding produk lain, yang menempel di masker hanya sedikit banget. Biasanya tetap saya set menggunakan loose powder ya karena kulit saya cenderung oily.

Pilihan Shades Masami LoveSkin Cushion

Pada saat rilis kemarin, Masami menghadirkan 4 pilihan shades sebagai berikut :

  1. NC1 Warm Vanilla : Light Beige with Yellow Undertone
  2. NW2 Soft Beige : Rosy Beige with Neutral Undertone
  3. NC4 True Beige : True Beige with Yellow Undertone
  4. NW6 Medium Olive : Medium Beige with Yellow Undertone

Shade yang saya gunakan adalah NC4 True Beige, saat diaplikasikan pertama kali keliatan banget kalau undertone-nya adalah kuning, begitu di-blend sejujurnya agak sedikit lebih terang dari skin tone saya yang memang saat ini lagi kusam. Tapi begitu dikasih loose powder dengan warna yang lebih gelap sedikit, voila jadinya menyatu dengan sempurna dengan warna kulit saya.

Sebagai perbandingan, ini shade saya di foundation lain ya :

  • Maybelline Fit Me (128 Warm Nude)
  • Wet n Wild Photofocus (368 Golden Beige)
  • Rollover Reaction Cushion (102 Honey Toast)
  • BLP Beauty Face Base (W20 Warm Beige)
  • Estee Lauder Double Wear (2W2 Rattan)
  • NYX Can’t Stop Won’t Stop (08 True Beige)

Nah, kalau kamu punya shade yang mirip-mirip dengan saya, kemungkinan kamu akan cocok dengan shade cushion Masami NC4 True Beige ini. Semoga Masami Cosmetics segera rilis range warna lebih banyak lagi supaya teman-teman yang lain juga bisa keracunan cushion ini hehe.

Penggunaan dan Ketahanan Produk

I’d say this is one of the comfiest cushion yang pernah saya coba. Di awal penggunaan, tekstur produknya kerasa ringan banget tapi dengan coverage yang juga cukup. Medium coverage tapi nyaman, bahkan kerasa kayak nggak pakai apa-apa awalnya. Saat baru diaplikasikan, finish cushion ini cenderung satin. Not too dewy, not too matte. Tipe cushion yang finish nya ditengah-tengah. Bahkan nggak perlu di set menggunakan powder sama sekalipun menurut saya masih aman banget untuk digunakan di kegiatan yang ringan. Kalau saya pribadi, untuk penggunaan di luar rumah tetap saya pakaikan loose powder karena kulit saya oily dan mudah berkeringat.

Before After penggunaan cushion NC4 True Beige (tanpa di set bedak)

Saya udah pakai sekitar satu minggu, kalau di rumah biasanya saya nggak menggunakan powder, dan cushion ini baru akan tampak lebih oily di atas 2 jam pemakaian. Itupun hanya di area dahi dan shines sedikit banget, bukan yang jadi kilang minyak (been there done that di cushion lainnya). Sementara untuk penggunaan di luar rumah, saya sempat pakai seharian full, di kulit saya cushion-nya bisa bertahan hingga lebih dari 7 jam. Dengan penggunaan sedikit loose powder untuk set cushion-nya, wajah saya nggak jadi terlalu oily bahkan setelah 7 jam tadi. Justru jadi lebih glowing natural dan saya suka banget karena cushion ini adalah tipe yang makin lama makin menyatu dengan kulit, just like second skin.

Tampilan dan coverage cushion dengan full makeup (tanpa di set bedak)

Di akhir penggunaan, nggak ada crack ataupun area yang patchy, bahkan di smile line saya yang biasanya cukup parah terlihat crack. Justru cushion-nya makin menyatu dengan kulit dan saya juga amazed karena di saya warnanya sama sekali nggak oxidized dan bikin kusam, sekalipun ada kandungan SPF yang cukup tinggi. Another plus point, cushion ini juga waterproof jadi mungkin itu alasannya kenapa dia nggak cepat luntur walaupun udah kena wudhu beberapa kali ataupun dibawa berkeringat.

Final Thoughts on Masami LoveSkin Cushion

So, the final thoughts are, saya suka banget cushion Masami Cosmetics LoveSkin BB Cushion terutama untuk shade NC4 True Beige. Hampir nggak ada hal yang bisa dikomplain selain pilihan shades yang mungkin masih harus ditambah lagi kedepannya. So, good job Masami for nailing the first complexion product of yours! Menurut saya cushion ini cocok banget digunakan bepergian, karena effortless dan highly functional. Untuk saya sendiri, jelas langsung jadi salah satu produk ready to go sejak penggunaan pertama.

Selain cushion, saya juga tertarik banget sama produk makeup Masami Cosmetics lainnya seperti Masami Forever Stay Liquid Eyeliner dan Masami Instant Makeup Eraser. Iya, produk yang bisa jadi penghapus makeup yang cocok banget buat saya yang sering clumsy misalnya pakai eyeliner nggak sama kanan dan kiri, lip product yang nggak rapi, semuanya bisa langsung dihapus dan dibenerin ulang aja. Magic banget nggak tuh? Tapi nanti saya bahas terpisah aja ya!

By the way, Semua produk Masami Cosmetics dan Masami Shouko setau saya bisa dibeli di Website Kay Collection ataupun di shopee official Masami. Gimana, kamu keracunan juga nggak pengen langsung cobain cushion Masami? Semoga reviewnya membantu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *