Mana yang Lebih Bagus, Lip Tint Wardah VS Emina?

Kalau biasanya brand lokal lebih sering dikenal dari produk matte lipcream-nya, di tahun 2018 ini beberapa brand dalam negeri mulai mengeluarkan produk bibir baru yakni lip tint. Di awali BLP Beauty yang merilis produk Lip Stain di awal tahun, nah sekarang dua brand favorit dari drugstore juga punya produk lip tint. Brand yang saya maksud adalah Emina dengan produk lip tint Emina Magic Potion, dan Wardah dengan Everyday Cheek & Lip Tint.

Saya sempat penasaran banget dengan keduanya karena saya nggak pernah nemuin produk lip tint baik dari Wardah maupun Emina saat main ke counter ataupun drugstore. Sementara kalau cek di e-commerce kebanyakan sold out terutama di warna-warna favorit. Kalaupun barangnya tersedia, harganya udah pasti lebih mahal dari harga resminya. Beberapa waktu lalu saya akhirnya beli masing-masing lip tint Emina dan Wardah setelah cari-cari di Shopee. Kira-kira lebih bagus yang mana nih, lip tint Emina atau lip tint Wardah?

Packaging

Kedua produk lip tint keluaran Emina dan Wardah punya packaging yang kembar banget dari mulai kardus, tube, sampai ke aplikator. Menggambarkan banget bahwa kedua brand ini emang kakak beradik dan produk lip tint mereka diproduksi di pabrik yang sama. Secara keseluruhan packaging Wardah lip tint bisa dibilang keluar dari gaya dan ciri khas branding Wardah biasanya. Bahkan kardus bagian luarnya menurut saya lebih cute dibanding punya Emina yang seharusnya merepresentasikan produk beauty untuk teenager.

Packaging tube lip tint Emina dan Wardah berbentuk silinder biasa dengan ukuran yang kecil dan ramping, isi produk di dalam kemasan adalah 5.5g. Karena size tube-nya emang compact banget jadi saya sering selipin di tas atau bahkan di saku kalau bepergian. Oh ya, ada sedikit perbedaan sih di tube Wardah dan Emina. Untuk Wardah, badan tube-nya berbahan plastic doff sementara Emina transparan sehingga kita bisa lihat langsung isi produknya. Sementara untuk aplikatornya kedua produk lip tint ini punya aplikator yang sama persis yakni ujungnya berbentuk doe-foot yang memudahkan pemakaian produk di ujung bibir. Packaging wise, both Emina and Wardah nailed it!

Ingredients

Dari segi kandungan, ada perbedaan yang cukup signifikan dari kedua produk Wardah dan Emina. Dari yang saya lihat di kemasan, produk Emina Magic Potion mengandung 18 bahan dalam ingredientsnya. Sementara list Ingredients Wardah sedikit lebih panjang yakni 22 bahan. Untuk produk Everyday Cheek & Lip Tint dari Wardah, menurut saya ingredientsnya lebih friendly untuk sebuah produk bibir. Di urutan ketiga paling atas sudah ada kandungan Glycerin yang bisa bikin bibir kita lembab, ditambah dengan 7 essential oil yang juga ada di dalam produk termasuk Shea Butter, Jojoba Seed Oil, Olive Oil, dan lainnya. Sementara untuk Emina, ingredients yang bisa melembabkan ada Castor Oil dan Squalene. Secara teori, seharusnya produk lip tint Wardah akan lebih lembab ya ketika digunakan? We’ll see!

Sayangnya keduanya masih mengandung fragrance dan alcohol, jadi buat yang kurang suka dengan produk yang mengandung alkohol dan parfum mungkin bisa lebih hati-hati ya. Untuk wanginya sebenarnya nggak terlalu mengganggu sih, dua-duanya punya wangi yang sama persis, dan menurut saya mirip wangi sirup obat batuk. Oh iya, kedua produk ini juga ada sedikit rasa manisnya, tiap saya pakai di bibir pasti langsung kerasa manis, lagi lagi mirip sirup obat batuk strawberry haha.

Baca Juga : Nyobain Lip Scrub dan Lip Balm Lokal Liplapin

Pemilihan Warna

Produk lip tint Emina Magic Potion punya tiga varian warna yakni Scarlet (merah gelap), Smitten (pink), dan Sunglow (oranye). Saya beli nomor 02 Sunglow karena lihat waktu dipakai Alifah Ratu warnanya kayak segar aja gitu untuk sehari-hari. Nggak beda jauh dari Emina, brand kakaknya Wardah dengan produk Everyday Cheek & Lip Tint juga punya tiga varian warna yakni Red, Set, Glow! (merah gelap), Pink on Point (pink) dan My Baerry (pink berry). Untuk lip tint Wardah saya beli yang 01 Red, Set, Glow! Karena ini warna yang best seller dan paling susah dicari.

Untuk pemilihan warna dari kedua brand bisa dibilang mereka lebih pilih warna-warna aman. Yes, menurut saya pilihan warna yang dihadirkan di produk lip tint mereka standar lip tint korea banget. Hanya ada warna merah, pink, oranye. Beda dengan salah satu brand Indie lokal yang ngeluarin produk lip tint dengan warna agak nude coklat yang menurut saya unik banget, (ada yang bisa tebak produk apa yang saya maksud?) hehe.

On the Lips

Walaupun kembar, ternyata ketika digunakan di bibir produk Emina lip tint dan Wardah ini berbeda banget. Ketika awal diaplikasikan, lip tint Wardah lebih mirip lip cream secara konsistensi produknya. Creamy, tebal dan warnanya pekat. Beberapa orang yang mereview bilang lip tint Wardah cenderung lebih sulit dibaurkan ke bagian-bagian bibir, tapi menurut saya walaupun teksturnya tebal tapi nggak sulit di blend kok. Tipsnya, ketika pertama ambil aplikatornya lebih baik produknya agak ditempelkan lagi ke mulut tube supaya produk yang terambil tidak terlalu banyak. Warna Wardah lip tint ketika diaplikasikan ke bibir cukup pigmented dan hasil akhirnya seperti pakai lip gloss. Tapi tenang aja, setelah dia set dengan baik kurang lebih 2 menit nanti hasilnya akan menjadi lebih matte dan nggak akan transfer sama sekali.

Lain kakak lain adik, Emina Magic Potion punya tekstur yang sangat cair. Dengan konsistensi yang watery ini Emina lip tint emang jauh lebih mudah untuk dibaurkan, tapi warna yang dihasilkan jadi cenderung sheer dibanding Wardah. Sehingga perlu untuk ditambah beberapa layer kalau mau hasilnya terlihat lebih jelas. Oh iya, sayangnya baik lip tint Wardah maupun Emina kalau di-layer berkali kali warnanya akan jadi cukup neon, dan itu..nggak banget, sih.

On the Cheeks

Nah ada satu lagi nih perbedaan antara lip tint Emina dan Wardah. Wardah memasarkan produk lip tint-nya sebagai produk two in one yang bisa dijadikan cream blush juga, sementara kalau Emina nggak mengklaim hal tersebut. Produk lip tint Red, Set, Glow! Wardah punya saya sudah sering digunakan sebagai cheek stain juga dan saya suka warnanya, walaupun memang hasilnya lebih ke warna pink ya dibandingkan merah. Kalau pakai produk ini untuk di pipi lebih baik dengan cara memberi titik titik kecil yang terbagi rata, jangan hanya di-dot di satu titik dengan produk yang banyak ya. Selain itu jangan lupa untuk segera dibaurkan karena lumayan cepat bikin stain sih kalau menurut saya. Jadinya nanti bisa lebih berbekas di titik tadi kalau kita nggak cepat cepat blend. Atau bisa juga produknya kita aplikasikan dulu ke punggung tangan baru kita tap ke pipi menggunakan jari.

Karena saya sering asal pakai lipcream sebagai blush on (dan alhamdulillah nggak ada masalah apa-apa), akhirnya produk Emina Magic Potion pun saya gunakan di pipi sebagai cream blush untuk melihat gimana hasilnya dibandingkan dengan Wardah. Dan ternyata, hampir sama kok bisa dipakai juga untuk di pipi walaupun hasilnya tetap sheer.

Baca Juga : Rekomendasi Lip Balm yang Bagus untuk Bibir Kering

Ketahanan dan Tingkat Kelembapan

Sebagaimana produk lip tint pada umumnya, baik produk Emina Magic Potion maupun Wardah Everyday Cheek & Lip punya ketahanan yang oke walaupun dipakai makan makanan berminyak sekalipun. Untuk produk Emina lip tint menurut saya nggak terlalu tahan lama sih, tapi plus pointnya adalah dia bakalan bikin stain natural di bibir jadi kayak memberi kesan warna bibir kita cerah natural padahal efek menggunakan lip tint hehe.

Nah untuk Wardah, saya suka banget karena lip tint Wardah warna Red, Set, Glow! ini jadi satu satunya produk bibir yang saya punya yang beneran mampu tahan lama bahkan setelah makan agak barbar. Karena kebanyakan produk liquid lipstick yang seharusnya awet di bibir pun, ketika saya gunakan seringkali tetap cepat luntur dan nggak akan tahan dipakai seharian.

Saya pernah pakai lip tint Wardah ini sebagai base lalu ditumpuk produk liquid lipstick Wardah no. 17 di atasnya. Setelah makan, ternyata warna lipstick Wardah tadi bener-bener hilang dan bersih dan sementara lip tint nya masih stay in place. Bisa jadi tips nih buat yang males touch up lipstick, kamu bisa pakai lip tint Wardah aja di bawah lipsticknya jadi ketika si lipstick memudar atau hilang total, wajah kamu nggak akan kelihatan pucat pucat banget karena masih ada backup warna lip tint yang nggak gampang hilang! Oh iya, ketika digunakan sebagai blush on pun produk Wardah lip tint bisa tahan dari pagi sampai sore masih ada sisa warnanya di pipi. Such a useful multitasking product!

Walaupun awet banget, tapi lip tint Wardah dan Emina nggak bikin bibir tambah kering. Lagi-lagi saya mau highlight produk lip tint Wardah yang beneran awet tapi nggak bikin kering sama sekali alias lembap banget. Tapi produk ini emang nggak bisa berfungsi sebagai lip balm yang melembapkan bibir ya, jadi kalau sebelum pakai lip tint bibir kita emang udah kering banget ya tentunya hasilnya nggak akan tiba tiba jadi lembap. So make sure you use your lip balm first!

Untuk harga kedua lip tint saya beli di bawah Rp 40.000 (murah banget banget!), dan saya bakalan re-purchase kembali tapi kayaknya yang lip tint Wardah aja sih soalnya beneran sesuka itu. Tiap hari lip tintnya saya bawa dan diselipin dimana-mana lho. Semoga reviewnya membantu ya buat kamu yang mau beli lip tint Emina Magic Potion ataupun Wardah Everyday Lip & Cheek Tint!

Jangan lupa baca review produk Wardah lainnya yakni Wardah Seaweed Micellar Water dan Wardah DD Cream C-Defense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *