Collaboration,  Skin Care

Review Himalaya Purifying Neem Mask dan Face Wash

Kalau ditanya apa produk skincare favorit, Iโ€™d say serum and clay mask. Dua produk sekaligus step skincare ini merupakan yang paling satisfying menurut saya. Ngomongin produk clay mask, saya belakangan lagi nyobain lagi produk Himalaya Neem Series yang dulu udah sempat saya pakai juga.

Saya baru tau kalau Himalaya adalah brand asal India yang udah eksis sejak tahun 1930. Wow legend banget ya? Sepertinya hampir semua skincare enthusiast udah hapal banget sama produk yang akan saya review ini, yaitu Himalaya Purifying Neem Mask dan Himalaya Purifying Neem Face Wash yang memang sering mejeng di rak drugstore favorit.

Packaging

Kedua produk dari Himalaya Neem Series ini punya packaging yang identik. Baik produk clay mask maupun face wash dikemas dalam tube dengan tutup flip flop. One of my most fave type of packaging karena praktis dan higienis. Kedua produk yang aku punya memiliki ukuran kemasan yang sama yaitu 100 ml. Bedanya hanya terletak pada material kemasan, dimana face wash memiliki kemasan transparan, sementara maskernya memiliki kemasan yang fully tertutup.

Ingredients

Himalaya Purifying Neem Mask

Key Ingredients :

Neem Leaf Extract : Bersifat antibacterial sehingga dapat mengurangi bakteri penyebab jerawat secara efektif untuk meminimalisir pembentukan jerawat, meredakan inflamasi dan iritasi, memiliki astringent propertiesyang dapat mengurangi produksi sebum dan mengecilkan tampilan pori-pori. Kaya antioksidan serta bersifat non-drying untuk kulit.

Turmeric Extract : Efektif mencerahkan kulit, menenangkan dan memperbaiki tekstur kulit serta membuat kulit tampak lebih sehat

Fuller’s Earth (Multani Mitti) : Tanah liat alami yang kaya akan mineral dan terkenal akan kemampuannya menyerap minyak, debu dan kotoran lainnya di wajah, terutama efektif dalam membersihkan pori-pori yang tersumbat dan membantu menenangkan kulit.

Kaolin : Salah satu jenis clay yang berfungsi menyerap minyak berlebih pada kulit, dan berfungsi sebagai scrub halus. Tipe clay ini lebih halus digunakan di kulit dan less drying.

Bentonite : Another type of clay, agak lebih agresif dan kuat dibanding Kaolin

Full Ingredients :

AquaKaolinMelia Azadirachta Leaf ExtractPropylene GlycolBentoniteFuller’S EarthCurcuma Longa Root ExtractPerfumeSodium MethylparabenImidazolidinyl UreaDmdm HydantoinXanthan GumDisodium EDTASodium PropylparabenCitric AcidSodium Lauryl Sulfate

Himalaya Purifying Neem Face Wash

Key Ingredients :

Produk ini memiliki key ingredients hampir serupa dengan produk clay mask-nya yaitu Neem Leaf Extract dan Turmeric Extract. Selain itu terdapat ingredient Glycerin yang terkenal sebagai salah satu ingredient simple moisturizer yang menjaga kulit tetap lembab, memperbaiki skin barrier dan melindungi dari potensi iritasi.

Full Ingredients :

AquaAmmonium Lauryl SulfateMelia Azadirachta Leaf ExtractCurcuma Longa Root ExtractCocamidopropyl BetaineSodium Cocoyl GlutamateDisodium Cocoyl GlutamateGlycerinAcrylates/โ€‹C10-30 Alkyl Acrylate CrosspolymerSodium HydroxidePhenoxyethanolParfumMethylchloroisothiazolinoneMethylisothiazolinoneSodium MetabisulfiteCitric AcidDisodium EDTATocopheryl AcetateCi 19140Ci 42090Butylphenyl MethylpropionalHexyl Cinnamal

Klaim Manfaat Himalaya Neem Series

Kedua produk dalam seri Himalaya Neem ini memiliki fungsi utama untuk menjaga dan merawat kulit berjerawat. Sebagai brand kecantikan sekaligus kesehatan, Himalaya membuat produk herbal agar para acne-fighter bisa punya solusi perawatan kulit alami untuk mengatasi jerawat. They do understand that acne is a skin concern that requires a lot of time and patience to take care of.

Kedua ingredient jagoan yaitu Neem Leaf dan Turmeric pun jadi andalan bahan alami untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan menjaga kesehatan kulit secara jangka panjang.

Tekstur Produk

Himalaya Purifying Neem Mask :

Menurut saya tekstur clay mask Himalaya Neem ini salah satu yang nggak aneh-aneh, minim tekstur scrub tambahan, cukup ringan dan gampang di-spread ke seluruh area wajah saat penggunaan, dan mudah juga dibersihkan. Saat akan mencuci masker, terasa tekstur scrub sangat halus yang mirip pasir yang bisa bikin kulit jadi lebih bersih.

Himalaya Purifying Neem Face Wash :

Seperti produk gentle facial wash yang sering ditemui, Neem Face Wash punya konsistensi gel berwarna hijau kebiruan. Pada saat terkena air, teksturnya cepat berubah dan sangat minim busa. Tapi tetap ada busanya kok, which is in a perfect amount karena saya biasanya merasa kurang bersih kalau produk face wash nggak ada busanya sama sekali.

Wangi Produk

Himalaya Purifying Neem Mask :

Saya inget banget beberapa tahun lalu waktu nyobain produk clay mask Himalaya nggak ada tambahan wangi sama sekali, jadi tercium aroma herbal (kemungkinan wangi asli neem leaf) yang lumayan kencang. Tapi kali ini produk clay mask ini jauh lebih enjoyable karena wanginya jadi lebih fresh. Masih wangi herbal tapi ada hint peppermint yang bikin segar banget.

Himalaya Purifying Neem Face Wash :

Untuk produk face wash saya suka banget tipe wangi seperti produk Neem Face Wash yang wanginya herbal, agak manis dan segar banget! Enak dan cocok banget dipakai di pagi hari karena wanginya soothing dan bikin jadi good mood.

Cara Saya Menggunakan Produk

Himalaya Purifying Neem Mask :

Biasanya jadwal maskeran adalah 2-3 minggu sekali atau kapanpun saya merasa kulit lagi butuh deep cleansing. Penggunaan paling maksimal biasanya di malam hari, setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan tahapan skincare routine lainnya. Produk clay mask ini adalah tipe produk yang mungkin akan ada sensasi tingling lumayan pedas di beberapa orang ketika diaplikasikan, jadi sebaiknya jangan mengoleskan terlalu tebal karena akan bikin sensasinya lebih terasa.

Cukup aplikasikan merata ke area wajah yang membutuhkan, diamkan 10 menit atau bisa lebih cepat kalau tipe kulit kamu kering, lalu dibilas sambil di scrub perlahan. Kadang saya lanjut bersihkan kembali menggunakan face wash atau micellar water dan kapas untuk menghilangkan residu masker di permukaan kulit.

Himalaya Purifying Neem Face wash :

Karena tipenya adalah gentle cleanser, face wash ini aman banget digunakan setiap hari, baik di pagi maupun malam hari. Saya lebih suka mengaplikasikan ke tangan lalu dibusakan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke wajah.

Hasil Penggunaan

Himalaya Purifying Neem Mask

Karena tipe clay mask ini ada sensasi tingling yang menurut saya bikin produknya terasa bekerja di kulit, biasanya saya gunakan ini kalau merasa kulit lagi bermasalah dan butuh pertolongan. Walaupun ada perasaan tingling, tapi ternyata masker ini nggak bikin kulit iritasi sama sekali malah bantu kulit soothing setelah penggunaan. Saran saya, gunakan secukupnya aja ya, jangan terlalu lama karena kalau dibiarkan hingga mongering, penggunaan clay mask merk apapun bisa mengganggu skin barrier kita dan bikin kulit jadi terlalu kering.

Setiap sehabis menggunakan masker, rasanya satisfying banget karena kulit langsung kelihatan bersih dan lebih sehat. The magic of clay mask! Selain itu, kulit saya jadi nggak terlalu berminyak dan jerawat aktif lebih cepat mereda. Saya juga notice pori-pori jadi lebih bersih, walaupun komedo tetap harus dibersihkan menggunakan produk khusus ya kalau mau bersih total, tapi udah lumayan banget karena biasanya masker lain malah nggak bisa sebersih ini. Pori-pori pun nggak mudah tersumbat, clogged-prone fighters pasti paham banget ya keselnya kalo pori-pori tersumbat efeknya bisa kemana-mana.

Himalaya Purifying Neem Face Wash

Sekarang face wash ini selalu saya gunakan setiap hari karena ramah banget di kulit saya yang pernah punya pengalaman eksim dan iritasi. Ternyata kulit berminyak pun perlu di treat secara lembut, bukan dengan produk yang terus-terusan menghilangkan minyak alami di kulit sehingga bikin kulit malah jadi dehidrasi. Selama pakai face wash ini, nggak ada ceritanya kulit terasa ketarik dan terlalu kesat, tapi tenang aja kulit tetap terasa bersih kok.

Final Verdict

Kalau kamu pejuang jerawat, kamu perlu masukin kedua produk Himalaya Neem Series ini ke wishlist. Karena saya setuju banget kulit berminyak dan berjerawat tuh harus dirawat secara balance. Cari bahan yang bisa mengatasi jerawat tapi jangan terlalu harsh yang malah bisa menimbulkan masalah lebih banyak di kulit. Also, kalau kamu lagi cari produk yang affordable, Himalaya ini salah satu pilihan drugstore brand yang budget-friendly banget!

Produk Himalaya Neem Series tersedia di Watsons, Alfamart, Indomaret dan Himalaya Official Store di Shopee dan Lazada. Ukurannya ada yang versi 50 ml dan 100 ml dan harganya start from Rp 24.800 aja, nggak mungkin dilewatin lah ya kalo murah banget gini? Jangan lupa cek juga instagramnya Himalaya Indonesia @himalayaherbalsindo siapa tau ada promo. Semoga reviewnya membantu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)