3 Rekomendasi Make Up Artist di Bandung

Awal tahun 2017 lalu saya punya agenda sehari-hari yang cukup seru yaitu hunting make up artist di Bandung! Tepatnya bulan Februari tahun lalu saya wisuda sarjana setelah lulus sidang akhir di penghujung tahun 2016. Semua keperluan wisuda harus dipersiapkan secara detail termasuk make up artist yang akan saya pilih untuk dandanin saya di hari H wisuda.

Akhir tahun 2016 itu adalah momennya di mana saya lagi keranjingan nontonin beauty youtuber hampir setiap hari. Dari yang awalnya cuma iseng aja untuk sekedar tahu trend dari brand brand kecantikan yang lagi ramai dibahas, sampai akhirnya semangat banget mau belajar makeup sendiri. Walaupun udah sedikit banyak ngerti teori dasar makeup, tapi untuk event wisuda saya tetap memutuskan untuk pakai jasa MUA aja. Selain karena belum punya peralatan makeup lengkap, agak ngeri juga ya kalau makeup wisudaan sendiri dan failed. Cuma sekali seumur hidup lho momen wisudaan, kecuali buat yang mau kuliah lagi ya hehe.

Setelah lihat-lihat referensi dari postingan wisudaan beberapa orang, akhirnya perjuangan hunting MUA saya dimulai! Dari mulai lihat portfolio para MUA Bandung dari akun Instagram @muabdg sampai kepoin banyak banget orang-orang dan selebgram yang pernah wisudaan di Bandung hehe. Bahkan hampir tiap hari scrolling Instagram untuk cek portfolio MUA dan bikin list calon yang bakalan saya kontak. Nah, dari belasan nama make up artist Bandung yang saya suka, tiga nama berikut ini yang saya rekomendasikan berdasarkan  hasil riset kecil-kecilan saya. Oh iya, MUA berikut ini nggak hanya bisa untuk make up wisuda aja ya tapi juga untuk yang perlu make up untuk photoshoot sampai untuk wedding make up.

Mira Rizka

Source : Instagram.com/mirarizka

Menurut saya, Mira Rizka ini salah satu MUA dari Bandung yang masih underrated padahal hasil makeup-nya bagus banget! Followers Instagram Mira Rizka masih 10.000 nih, belum terlalu banyak kalau dibandingkan dua MUA lainnya yang saya sebut di tulisan ini. Dulu waktu awal-awal follow akun Mira Rizka saya masih inget banget the Mira sering upload foto makeup kliennya dengan bentuk before after. Jadi kita bisa lihat wajah bareface si klien tanpa produk makeup apapun, dan lihat perbandingannya dengan hasil magic hand teh Mira yang bikin wajah siapapun jadi flawless. Ciri khas hasil makeup teh Mira menurut saya ada di bagian alis yang on fleek maksimal, warna bibir yang cenderung warm nude dan penggunaan bulu mata yang modelnya nggak terlalu heboh tapi tebal di bagian garis eyeliner. Selain makeup pengantin yang emang bagus banget, teh Mira juga selalu bikin makeup wisuda yang beneran flawless. Karena ada juga beberapa MUA yang saya lihat portfolio wedding makeup-nya perfect banget tapi giliran makeup untuk wisuda terkesan seadanya. Teh Mira Rizka juga sering buka makeup class buat yang mau belajar makeup untuk pribadi ataupun mau mulai belajar jadi MUA.

Price List Make up Mira Rizka

Saya sempat tanya ke admin teh Mira untuk price list make up di tahun 2018 ini. Untuk make up wisuda harganya Rp 450.000 (make up only) dan 550.000 (make up & hairdo/hijabdo) dengan minimal pemesanan untuk 2 orang. Sementara untuk make up photoshoot pre-wedding seharga Rp 750.000 dan photoshoot commercial Rp 675.000. Untuk lokasi make up bisa juga di tempat kita tapi akan kena charge tergantung di dalam kota Bandung atau di lingkar luar seperti Lembang, Cimahi dan lain-lain.

 

Fathi NRM

Source : Instagram.com/fathinrmmakeup

Kalau nama yang satu ini sih pasti udah banyak yang tau ya. Teh Fathi ini selain punya job MUA, juga aktif upload konten beauty di youtube. Menurut saya Fathi NRM ini salah satu dari top 3 beauty vlogger berhijab di Indonesia yang saya hampir nggak pernah ketinggalan video di channelnya. Nah jadi ceritanya dulu waktu mau wisuda saya hampir banget mau pilih teh Fathi untuk makeupin tapi nggak jadi. Menurut saya hasil makeup teh Fathi waktu itu ketika di wajahnya sendiri emang selalu cantik tapi ketika lihat portfolio hasil makeup teh Fathi di wajah orang lain kok nggak sebagus kalau dia makeup sendiri seperti di video tutorialnya. Kadang kelihatan alisnya agak kurang rapi, complexionnya kurang blurry, dan detail kecil lainnya yang nggak sengaja saya notice. Tapi begitu lihat instagramnya lagi sekarang di @fathinrmmakeup, I’m impressed. Menurut saya, she really has stepped up her game in handling her clients’ face features. Plus poinnya lagi adalah karena teh Fathi ini orangnya humble dan harga untuk makeup dengan teh Fathi pun lumayan terjangkau jika dibandingkan dengan MUA bandung terkenal lainnya walaupun dia seorang beauty vlogger ternama.

Untuk fee make up dengan teh Fathi NRM nggak berbeda jauh dengan Mira Rizka, untuk make up wisudaan atau make up kondangan hanya Rp 450.000 dan photoshoot Rp 1juta. Tapi sayangnya teh Fathi hanya terima make up wisuda untuk weekday sementara untuk jadwal weekend akan di handle oleh tim.

Nanath Nadia

Source : Instagram.com/nanathnadia

MUA terakhir yang saya rekomendasikan adalah teh Nanath Nadia. Menurut saya teh Nanath ini MUA Bandung yang paling terkenal dan sering banget dandanin wajah-wajah familiar seperti Nabila Gardena, Rifka Martha, Medina Zein, dan Syahnaz Sadiqah. Signature makeup dari Nanath salah satunya adalah blush on demam di bawah mata alias makeup ala Igari. Selain itu teh Nanath juga lagi sering banget bikin alis yang agak faded berwarna grey-brown.

Baca Juga : Review Catrice Foundation 12H Matt Mousse Make Up

Untuk makeup wedding, udah nggak perlu diragukan lagi karena lihat dari feeds instagramnya aja udah bagus-bagus banget. Nanath bahkan punya bisnis sendiri yang khusus untuk menangani wedding lho. Barengan dengan MUA Bandung Iren Aldriana, Nanath bikin @naireofficial yang menyediakan paket untuk wedding termasuk jasa MUA, busana akad dan resepsi untuk pengantin bahkan untuk orangtua pengantin dan pagar ayu.  Selain makeup wedding, makeup untuk wisuda pun banyak juga yang ngantri untuk booking jasa MUA teh Nanath, dan biasanya di satu sesi teh Nanath hanya buka untuk 4 orang saja supaya hasilnya bisa tetap maksimal.

 

Price List Make up Nanath Nadia
Price List Naire Official

Berbeda dari dua MUA Bandung sebelumnya, untuk price list make up Nanath Nadia memang agak lebih tinggi. Untuk make up wisuda, party, dan bridesmaid harganya adalah Rp 500.000 untuk di studio make up Nanath, atau Rp 700.000 jika kita memilih tempat sendiri. Sementara untuk make up yang lebih formal seperti make up lamaran, dan acara adat menuju pernikahan harganya adalah Rp 700.000 di studio Nanath dan Rp 850.000 di tempat klien.

Baca Juga : Ngobrol Soal Bisnis Medina Zein di Bidang Kecantikan

Untuk yang berdomisili di Bandung atau akan menghadiri event tertentu di Bandung, semoga rekomendasi MUA dari saya bisa membantu ya. Boleh juga lho kalau mau share MUA Bandung yang menurut kamu nggak kalah bagus dari kota kembang ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *