Skin Care

Niacinamide pada Skincare: Mencerahkan, Melembabkan dan Mengatasi Jerawat pada Kulit

Di instagram, saya pernah bahas tentang salah satu ingredient skincare andalan saya yaitu Niacinamide. You can read the post here, tapi di tulisan ini saya akan lebih panjang lebar jelasin tentang ingredient jagoan satu ini. Selamat membaca!

Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide adalah bentuk aktif dari Vitamin B3 yang biasa digunakan pada produk skincare yang dapat mentargetkan beberapa skin concern & condition. Di antaranya seperti: pigmentasi, jerawat, penuaan kulit, dan kulit berminyak. Active ingredients ini termasuk yang paling stabil (nggak mudah terpengaruh cahaya, area lembab ataupun oksidasi), dan ramah untuk berbagai tipe kulit karena cenderung low risk.

Skincare dengan Kandungan Niacinamide Cocok dengan Skin Concern Seperti:

  1. Hyperpigmentation (bekas jerawat, noda hitam, warna kulit tidak merata)
  2. Jerawat, bruntusan dan kemerahan
  3. Pori-pori terlihat besar
  4. Kulit sensitif (rosacea & eczema friendly)

Oh iya, please note, walaupun terbilang ramah untuk pemula, yang namanya active ingredients pada skincare tetap punya potensi bikin iritasi atau nggak cocok di beberapa orang. You might need to do trial and error first to find out whether this actives suits your skin. 

Sedikit spoiler : Pengalaman saya pribadi, serum Niacinamide yang saya gunakan biasanya membantu banget dalam hal mencerahkan tone kulit, melembabkan dan memperbaiki skin barrier dan mencegah jerawat. Dan di tiga produk serum dengan kandungan ini yang udah saya coba, nggak ada satupun yang jadi trigger untuk kambuhnya eksim saya. But we’ll talk about it later ya, please keep reading.

apa itu niacinamide
#NgobrolinSkincare Niacinamide 101

Fungsi Niacinamide pada Produk Skincare

Seperti yang udah sempat saya mention di atas, Niacin adalah bahan aktif yang serba bisa alias punya banyak banget manfaat untuk kulit kita. Dan yang lebih kerennya lagi, walaupun serba bisa tapi kandungan skincare satu ini cenderung lebih ramah untuk pemula. Berbeda dengan beberapa active ingredients yang biasanya paling bisa bikin kulit iritasi. Tapi tetap ya, wajib untuk periksa ingredient list dan memang harus coba dulu sendiri untuk tahu apakah suatu kandungan cocok atau nggak di kulit kita masing-masing.

But anyways, berikut ini manfaat Niacinamide yang perlu kamu garis bawahi:

  • Powerhouse ingredient for brightening!

Banyak produk serum dengan klaim mencerahkan kulit menggunakan ingredient Niacinamide karena memang kandungan ini salah satu fungsi utamanya adalah brightening.Makanya, kandungan ini juga bisa mengatasi hiperpigmentasi (menyamarkan bekas jerawat kemerahan, ataupun dark spots) di kulit.

Di kulit saya, ingredient satu ini adalah ingredient brightening yang paling cocok dan punya pengaruh cukup instan. Saya beberapa kali coba pakai serum Vitamin C yang juga fungsinya untuk mencerahkan kulit, tapi sayangnya ternyata kulit saya nggak cocok dan malah jadi breakout. Lain cerita dengan Niacinamide, my skin loves it, kalau pakainya rajin, seminggu aja udah kelihatan perubahan signifikan di warna kulit saya. Biasanya jadi lebih rata dan cerah.

  • Helps with skin barrier

Selain mencerahkan kulit, Niacinamide juga berperan memperbaiki kerusakan pada skin barrier kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen dan ceramide di dalam tubuh, dan membuat kulit lebih lembab tanpa produksi minyak berlebih. Yes, karena bahan aktif ini juga punya sifat menjaga skin barrier, makanya kandungan ini nggak akan terlalu harsh di kulit. Ini jadi poin penting karena skin barrier yang sehat akan bikin kulit jadi terhindar dari macam-macam potential damage

  • Acne-fighter Ingredient

Niacinamide juga bisa membantu meredakan jerawat dan bruntusan karena sifatnya yang anti-inflammatory dan mengurangi produksi sebum berlebih di kulit. And in my case, it also works wonders to prevent acne! Seriusan, ini salah satu perks Niacinamide serum yang saya baru sadar, kalau saya rajin pakai serum dengan kandungan ini biasanya kulit saya bakalan terhindar dari jerawat. Tbh kulit saya memang cukup jarang muncul jerawat (alhamdulillah), tapi Niacinamide membantu banget untuk mencegah munculnya jerawat, bahkan jerawat hormonal waktu datang bulan.

Oh iya, selain jerawat aktif dan berbagai turunannya (bruntusan, whitehead, blackhead), balik lagi ke poin pertama, active ingredient ini bisa sekaligus membantu menyamarkan bekas jerawat walaupun memang memakan waktu yang nggak sebentar. But still, kalau kamu punya produk untuk menghilangkan bekas jerawat, mungkin di ingredient list-nya ada juga kandungan Niacinamide disana.

fungsi dan manfaat niacinamide untuk kulit
#NgobrolinSkincare

Sampai saat ini saya sudah repurchase serum Niacinamide lebih dari 5 kali, dari brand berbeda. Saya udah habisin dua botol serum The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% dan tiga botol Somethinc Niacinamide 10% + Moisture Beet Serum (review battle serum The Ordinary dan Somethinc sudah saya tulis juga di blog, bisa dibaca disini ya), nah kalau yang saat ini masih saya pakai adalah dari Nacific Phyto Niacin Whitening Essence. 

Serunya lagi, sekarang udah banyak banget lho produk skincare lokal yang punya kandungan utama Niacinamide, saya pun penasaran banget mau cobain. Yes, i’m pretty adventurous when it comes to skincare products, walaupun saya udah punya produk pegangan yang bakalan saya repurchase terus hehe. Untuk rekomendasi skincare lokal dengan kandungan Niacinamide akan saya bahas di post berikutnya ya. Ada 10 produk keren-keren, so make sure you don’t miss it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *