Skin Care

Niacinamide Serum Battle : The Ordinary vs Somethinc, Mana yang Lebih Bagus?

Siapa nih pecinta ingredient Niacinamide seperti saya? Jujur Niacinamide buat saya udah jadi top 3 ingredient dalam produk skincare yang bakalan saya explore terus-terusan. Karena selain multifungsi, bahan skincare satu ini cukup friendly untuk kulit sensitif jadi ya memang bisa diandalkan banget deh! Makanya begitu ada produk lokal yang punya serum Niacinamide saya nggak mikir lagi buat nyobain.

Sebenarnya saya lebih dulu pakai produk The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% dan udah habis botol kedua. Terus pas banget waktu botol kedua habis eh lagi ramai yang bahas produk Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum dan saya akhirnya memutuskan untuk beralih dulu buat bandingin kemampuan kedua produk ini.

Nah setelah saya menghabiskan satu botol produk dari Somethinc akhirnya saya bisa coba kasih review dan perbedaan keduanya di artikel ini. Happy reading!

Packaging Produk

Serum Niacinamide dari The Ordinary punya packaging botol berisi 30 ml produk. Aplikatornya menggunakan pipet dropper seperti produk serum pada umumnya. Yang saya suka, bentuk botolnya itu cukup slim dan bahan kaca yang digunakan bukan yang tebal dan bulky gitu jadi ringan banget untuk dibawa-bawa.

Nah untuk versi dari Somethinc menurut saya packagingnya nggak beda jauh. Sama-sama botol kaca dan menggunakan pipet, bedanya bentuk botol Somethinc Niacinamide lebih pendek dan agak gendut gitu dan kacanya agak sedikit lebih berat. Nggak terlalu bulky sebenarnya tapi saya lebih senang packaging The Ordinary yang lebih sederhana. Oh iya perbedaan yang cukup signifikan ada pada isi produknya, kalau The Ordinary Niacinamide punya isi 30 ml, serum Somethinc ini hanya berisi 20 ml saja. Cukup jauh ya perbedaannya, kalau di saya 10 ml mungkin bisa dipakai sekitar 2 minggu kurang lho hehe.

Harga Produk

Untuk serum Niacinamide The Ordinary, biasanya saya beli di marketplace Shopee sekitar Rp 162.000. Sebenarnya ada beberapa toko yang jual lebih murah sampai di bawah Rp 100.000 tapi saya agak takut jadi kalau mau beli pastikan cek dulu review dari yang sudah pernah beli ya. Untuk serum dengan ukuran 30 ml menurut saya harga ini relatif murah apalagi kandungan ingredient-nya memang nggak basa-basi.

Sementara dari Somethinc, harga resmi di Beautyhaulindo adalah Rp 115.000 untuk ukuran 20 ml. Sebenarnya terhitung budget juga kok, bahkan lebih murah daripada The Ordinary yang menurut orang-orang udah lumayan miring. Cuma buat saya size nya yang lebih kecil daripada serum pada umumnya bikin jadi berasa produknya cepat banget habis. Di saya produk ini habis dipakai dalam waktu kira-kira 5 minggu saja.

Ingredient (Kandungan Produk)

Diambil dari website resminya, produk The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1 % punya kandungan sebagai berikut : 

Aqua (Water), Niacinamide, Pentylene Glycol, Zinc PCA, Dimethyl Isosorbide, Tamarindus Indica Seed Gum, Xanthan gum, Isoceteth-20, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin.

Sementara untuk produk Somethinc Niacinamide + Moisture Beet Serum punya ingredient : 

Aqua, Allantoin, edta, Niacinamide, hydroxyethylcellulose, glycerin, butylene glycol, fructooligosaccharides, Beta Vulgaris Toot Extract(beet) , Phenoxyethanol.

Untuk kandungan aktif kedua produk sebenarnya sama karena keduanya punya 10% Niacinamide yang cukup tinggi dan efektif untuk produk serum. Bedanya kalau The Ordinary dia punya kandungan Zinc untuk menyeimbangkan kandungan sebum berlebih di kulit penyebab jerawat. Sementara serum Somethinc dilengkapi Beet Extract yang bisa berfungsi sebagai antioxidant dan membantu melembabkan kulit.

Klaim Benefit Produk

Oke. Sebagai produk serum yang targeted dan punya kandungan aktif, kedua produk ini kasih klaim yang cukup menjanjikan. Berdasarkan riset kecil-kecilan saya, Niacinamide secara general memang punya banyak manfaat buat kulit. Manfaat menggunakan niacinamide secara topikal ke kulit diantaranya : sebagai anti-inflammatory, mengatasi kemerahan kulit, membantu meregenerasi sel kulit dan memperbaiki tekstur kulit dengan cara mengisi kelembaban. Nah gimana dengan kedua produk serum?

Klaim produk Niacinamide The Ordinary :

  • Mengurangi tampilan jerawat dan pori-pori tersumbat pada kulit
  • Menyeimbangkan sebum yang berlebihan pada kulit

Klaim produk Niacinamide Somethinc :

  • Memperkuat lapisan pelindung kulit dengan memproduksi Ceramide
  • Sebagai antioxidant untuk melawan radikal bebas
  • Menstabilkan kondisi kelembaban kulit
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Meningkatkan tekstur dan mengembalikan kekenyalan kulit
  • Memudarkan spot hitam akibat hiperpigmentasi
  • Mengatasi kemerahan dan mengurangi tampilan kulit kering dan rusak
  • Mengatasi jerawat

Cara pemakaian serum

Waktu pakai produk Niacinamide dari The Ordinary saya cuma tahu produk ini bisa digunakan dalam rangkaian skincare routine pagi ataupun malam. Digunakan setelah toner dan sebelum produk moisturizer yang lebih tebal. Biasanya saya akan pakai pipet untuk mengambil 3 tetes produk untuk seluruh wajah. Menurut saya sudah cukup banget karena memang jadinya agak tebal gitu sih dan nggak terlalu mudah menyerap ke kulit. 

Saya pakai serum ini cuma di malam hari aja dan biasanya hanya rajin kalau lagi merasa kulit kusam banget atau butuh kelembaban extra.

atas : pipet The Ordinary
bawah : pipet Somethinc

Nah ketika saya menggunakan Somethinc, di kemasannya ada petunjuk bahwa penggunaan produk yang disarankan adalah sekitar 5-10 tetes sekali pakai. Wah, jauh banget ya dari 3 tetes? Selain itu disarankan juga untuk menggunakannya 3 kali sehari yakni pagi, siang dan malam hari dan kita akan bisa merasakan hasilnya di kulit dalam 6 minggu.

Akhirnya saya mengikuti saran pemakaian, di awal-awal pakai sekitar 8-10 tetes tapi lama-lama berkurang jadi 5-6 tetes aja karena rasanya kalau kebanyakan nanti pas pagi hari agak licin kulitnya, jadi kayak banyak produk yang belum menyerap gitu. Oh iya selain itu saya juga lumayan sering pakai di pagi hari tapi hanya sekitar 3 tetes saja.

Sebagai perbandingan, tekstur The Ordinary agak lebih tebal dan lengket, nggak terlalu cepat menyerap gitu di kulit. Sementara Somethinc teksturnya lebih runny dan licin, di massage ringan di kulit wajah sebentar aja dia udah menyerap dengan baik.

Hasil Pemakaian di Kulit Saya

Karena klaimnya serum Niacinamide dari kedua brand ini lumayan banyak, jadi saya kelompokkan dari hasil yang sama dan berbeda yang saya rasakan aja ya dari penggunaan kedua produk. Hints : Hampir semua klaim kedua produk beneran kerasa di wajah saya!

Yang sama dari kedua produk :

  1. Mengurangi tampilan jerawat dan kulit kemerahan : iya, keduanya berfungsi banget untuk meredakan tampilan jerawat yang kayak “marah” jadi biasa aja. Kemerahan di wajah juga jadi lebih kalem. Saya juga sempat pakai setelah seharian panas-panasan di pulau dan ngebantu banget sih buat bikin soothing kulit walaupun serum ini fungsi utamanya bukan untuk itu.
  2. Tidak untuk mengatasi jerawat : produk Somethinc memang mengklaim bisa mengatasi jerawat tapi menurut saya kedua produk ini nggak bisa benar-benar menghilangkan jerawat ya, tapi cuma bantu mencegah dan sedikit meredakan. Di website The Ordinary bahkan ada pernyataan bahwa Niacinamide memang bukan untuk treatment khusus jerawat seperti bahan Benzoyl Peroxide atau Salicylic Acid misalnya yang memang bertugas membasmi bakteri jerawat. Di saya, kedua produk ini bantu menyeimbangkan produksi minyak dan mengontrol kelembaban di pori-pori sehingga jerawat nggak gampang balik lagi.
  3. Memudarkan bekas jerawat dan spot hitam : Big yes! Saya selalu bermasalah dengan noda kehitaman bekas jerawat, walaupun serum dari kedua brand ini nggak bisa menghilangkan bekas kehitaman secara instan tapi tetap aja dalam pemakaian rutin, masalah noda hitam relatif lebih mudah diatasi.
  4. Mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit : Iya bangetttt, and thats why i love Niacinamide! Tapi perlu dicatat, cerah yang saya maksud tuh cerah natural gitu ya bukan yang tiba-tiba jadi putih atau warna kulitnya jadi naik beberapa tingkat. Di saya kedua serum ini bikin kulit terlihat jauh lebih bersih dan warnanya lebih rata. Untuk produk Somethinc bahkan di hari pertama pemakaian saya udah langsung merasakan hasilnya di wajah. Pagi-pagi kulit jadi kayak sehat banget dan cerah.

Yang beda dari kedua produk serum ini : 

  1. Memperkuat lapisan pelindung kulit dan melembabkan :  Untuk serum The Ordinary sebenarnya iya dia melembabkan tapi nggak sebagus Somethinc. Walaupun tekstur produk Somethinc ini lebih ringan tapi dia justru lebih bisa nahan kelembaban kulit sampai pagi hari dibanding The Ordinary.
  2. Sebagai antioxidant : Hm ini agak bingung sih sebenarnya kedua produk sama-sama bikin kulit terlihat sehat dan glowing gitu tapi yang saya notice saat pakai The Ordinary kulit saya masih sering bermasalah seperti clogged-pores atau whitehead dan blackhead. Tapi waktu pakai Somethinc Niacinamide kayaknya masalah ini nggak saya alami, mungkin karena dia lebih jago memperbaiki barrier kulit saya. Tapi menurut saya kalau kamu mau cari serum antioxidant sepertinya harus cari yang ingredientnya memang khusus untuk fungsi tersebut ya, seperti Retinol atau Alpha Lipoic Acid misalnya.
  3. Meningkatkan tekstur dan mengembalikan kekenyalan kulit : Nah ini juga yang paling kerasa bedanya. Walaupun TO juga ngasih hasil tekstur kulit yang jadi lebih lembut tapi saya sih lebih merasa Somethinc punya kemampuan lebih di hal yang satu ini. Karena tanpa pakai produk serum lainnya saya ngerasain banget kulit yang jauh lebih supple dan glowing cuma pakai serum Somethinc aja.

All in all, saya tetap cinta banget sama kedua produk kok. Tapi menurut saya produk Somethinc Niacinamide + Moisture Beet ini lebih ampuh di kulit saya, semoga kedepannya mereka bikin versi yang lebih besar ya ukurannya. Kayak The Ordinary Niacinamide yang udah punya botol besar ukuran 60 ml.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *