Collaboration,  Skin Care

Review Mia Glansie Alpokad Memikad Essence Toner

Siapa yang suka merhatiin branding brand kecantikan juga nih? Iya, beberapa tahun terakhir ini beauty brand lokal perkembangannya pesat banget. Di antara banyaknya brand yang baru lahir, punya branding yang unik dan kuat jadi esensial supaya konsumen bisa lebih aware akan eksistensi brand.

Contohnya kayak brand yang akan saya review ini, Mia Glansie. Mia Glansie merupakan brand skincare lokal asal Yogyakarta yang berdiri tahun 2009. Tahun ini mereka melakukan rebranding dengan image yang jauh lebih cheerful dan energetic. Saya yang tadinya belum begitu kenal brand dan produknya, langsung tertarik banget begitu liat branding barunya. “The New Mia Glansie” langsung nempel banget di kepala.

Berbarengan dengan rebranding, Mia Glansie juga merilis produk baru yang lagi-lagi… unik banget. Produk pertama mereka adalah toner dengan key ingredients buah-buahan. Di antara tiga varian, saya mencoba toner untuk kulit normal to oily yaitu Alpokad Memikad Essence Toner. Baca terus untuk tahu reviewnya ya!

Packaging Baru Mia Glansie

Ketiga produk toner terbaru Mia Glansie punya packaging yang sama, dengan desain yang disesuaikan ingredient utama masing-masing. Untuk Alpokad Memikad, warna utamanya adalah hijau. Bagian dus luar didesain mirip kotak minuman buah yang bikin gemes banget! Bisa-bisa langsung disimpan di kulkas kalau nggak baca deskripsinya dulu haha.

Bagian botol toner pun mirip botol minuman kemasan, dengan kemasan transparan dan tutup fliptop. Ukurannya 100 ml. Kemasan tipe ini menurut saya praktis banget untuk produk toner, pas juga untuk dibawa bepergian karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Oh iya, di setiap bagian kemasan dituliskan “Jangan Diminum”, lucu banget ya? Jaga-jaga takutnya ada yang beneran ngira ini minuman, bukan produk skincare. Secara keseluruhan, desain packagingnya emang lucu banget deh!

Ingredient dan Manfaatnya

Key ingredient Alpokad Memikad Essence Toner : Avocado Extract, Salicylic Acid (BHA), Witch Hazel, Glycerin, Sodium PCA, Centella Asiatica

  • Avocado Extract 5% : Mengatasi jerawat, menutrisi dan melembabkan kulit
  • Salicylic Acid (BHA) 1% : Mengontrol produksi minyak berlebih, persentasenya cukup untuk mild acne (whitehead dan blackhead), dan mencegah breakout
  • Witch Hazel 3% : Mengurangi komedo dan pori-pori tersumbat, mengecilkan tampilan pori-pori, mengurangi inflamasi dan kemerahan pada jerawat dan breakout
  • Glycerin 2% : Berfungsi sebagai humektan (menarik kandungan air ke kulit, menjaga kelembapan)
  • Sodium PCA 2% : Meningkatkan kandungan air pada permukaan kulit, merupakan Natural Moisturizing Factor (NMF) untuk menjaga kesehatan kulit
  • Centella Asiatica 1% : Bersifat healing dan soothing, antioxidant, anti-inflammatory untuk merawat kulit berjerawat

Full ingredient : Aqua, Butylene Glycol, Glycerin, Persea Gratissima Fruit Extract, Sodium PCA, Centella Asiatica Extract, Phenoxyethanol, Hamamelis Virginiana Leaf Water, Aloe Barbandesis Leaf Extract, Lactic Acid, Triethanolamine, Salicylic Acid, Proanediol, PEG-40 Hydrogenated, Dextrin, Xanthan Gum, Amylopectin, Methylpropanediol, Disodium EDTA, 1,2-Hexanediol, 4-Terpineol, Ceramide NP, Gellan Gum, Potassium Sorbate, CI 19140, Polyglyceryl-10 Stearate, Citric Acid, Salix Alba Bark Extract, CI 42090, Hydrogenated Lecithin, Sucrose Stearate

Free From : Alkohol, Oil, SLS, Paraben, Fragrance, Silikon, EU-Alergen. Toner ini tidak mengandung bahan-bahan tersebut yang biasanya bisa menjadi pemicu iritasi atau alergi di beberapa orang. Selain itu, toner Alpokad Memikad ini diformulasi dengan minimal ingredient sehingga lebih ramah digunakan di kulit.

Tekstur dan Wangi Toner

Konsistensi toner Alpokad Memikad Mia Glansie ini sangat watery, ketika dituang ke tangan terasa seperti air biasa. Nggak ada efek licin ataupun kental sama sekali. Untuk wangi tonernya, tadinya saya berharap ada wangi alpukat tapi ternyata nggak tercium sama sekali, ternyata memang karena no fragrance jadi wangi yang tercium adalah wangi ingredient produknya aja. Menurut saya wanginya agak acidic, tapi nggak yang sampai menyengat banget dan akan hilang begitu diaplikasikan ke wajah.

Cara Penggunaan Toner

Sesuai instruksi di kemasan, cara pakai Alpokad Memikad Essence Toner adalah :

  1. Cuci muka hingga bersih
  2. Tuang toner ke tangan
  3. Usap ke wajah
  4. Diamkan

Penggunaan disarankan rutin setiap pagi dan malam hari untuk hasil maksimal. Nah kalau saya sendiri biasanya menggunakan ini di pagi dan malam hari di tahapan exfoliating toner (setelah cleanser dan sebelum masuk rangkaian skincare lainnya) dan ditandem langsung dengan hydrating toner karena beberapa kali ada sedikit efek tingling dari tonernya. Buat saya, efek tingling ini sangat normal, justru tandanya produk skincare bekerja, toh memang tonernya punya bahan aktif. Asalkan nggak ada efek lanjutan seperti area yang tingling tadi jadi perih atau kemerahan hingga iritasi, efek tingling masih tergolong aman ya.

Selain digunakan dengan cara dituang ke tangan, kamu juga bisa menggunakan kapas karena tipe toner cair seperti ini rawan tumpah-tumpah dan jadinya mubazir. Cara lain biasanya saya gunakan Alpokad Memikad Essence Toner dengan metode CSM atau Chizu Saeki Method untuk mengompres jerawat atau area yang terlalu berminyak.

Sebetulnya tanpa penggunaan hydrating toner, toner Mia Glansie ini sudah cukup balance kok. Karena ada kandungan Centella Asiatica, Aloe Vera dan beberapa kandungan moisturizing lainnya yang membuat kandungan aktif toner ini jadi lebih balance. Tapi saya pribadi lebih suka dilanjut dengan hydrating toner. Selain karena udah jadi kebiasaan, hydrating toner bisa bantu meredakan efek tingling dan membuat produk skincare selanjutnya seperti serum dan moisturizer lebih cepat menyerap sempurna.

Hasil penggunaan Toner

Selama kurang lebih dua minggu mencoba Alpokad Memikad Essence Toner dari Mia Glansie, saya suka dengan hasilnya. Di saya, toner ini membantu banget wajah jadi nggak terlalu cepat berminyak yang bisa menimbulkan masalah seperti jerawat, komedo, dan pori-pori tersumbat. Selain itu kelihatan juga tampilan pori-pori di bagian pipi dalam dekat hidung jadi jauh lebih kecil. Jerawat aktif lebih cepat kering, sempat ada jerawat yang sakit di area dahi yang begitu dipakaikan toner ini langsung kempes dalam waktu 2 hari aja. Untuk masalah komedo, saya lumayan struggle dengan blackhead dan whitehead terutama di area hidung dan bawah bibir. Toner Alpokad ini cukup membantu mengurangi tumbuhnya komedo baru, tapi nggak menghilangkan secara instan ya.

Final Verdict

It’s a perfect balanced toner terutama untuk kulit normal to oily. Apalagi yang kadang struggle sama jerawat, kandungan Alpokad Memikad Essence Toner menurut saya paling cocok untuk merawat kulit berjerawat dengan cara yang tidak terlalu harsh. Nggak cuma bagus dari segi packaging, tapi kinerja produknya sendiri ternyata emang nggak kalah sama toner keluaran brand korea hehe. Jadi menurut saya wajib cobain sih, tinggal sesuaikan aja dengan kebutuhan : Alpokad Memikad Essence Toner untuk kulit normal, Laboe Sinderela Toner untuk mild exfoliating for all skin type, atau Jamboe Tedoeh Essence Toner untuk kulit kering dan sensitif.

Sambil kepoin juga instagramnya Mia Glansie karena kontennya menarik banget! Untuk beli tonernya kamu bisa langsung mampir ke website Mia Glansie yang warna-warni dan ­eye-catching, harga tonernya Rp 95.000 aja, dan kamu bisa pakai kode AZALIAMG10 untuk dapat potongan 10% pembelian di website. Semoga reviewnya membantu ya!

39 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *