Pengalaman Saya Magang di Female Daily Network

Gimana sih rasanya kerja di kantor yang isinya cewek semua? Banyak dapet produk make up gratis dong? Ketemu FD Babes juga ngga di kantor? ….dan banyak pertanyaan lainnya yang sering ditanyain orang sekitar saya pas saya bilang pernah magang di kantor Female Daily. Kalau kamu juga penasaran banget gimana #TheFDNLife, let me show you a glimpse of it.

Saya pertama kali liat lowongan intern di Female Daily waktu itu lewat Instagram @femaledailynetwork. Pertengahan tahun 2017 Female Daily buka kesempatan untuk mahasiswa ataupun fresh grad yang mau bergabung menjadi anak magang di tim editorial. Sebenarnya waktu itu bukan pertama kalinya saya apply kerja di Female Daily. Kalau nggak salah pernah apply jadi full time account executive, bagian event juga, dan lupa posisi apa lagi. Tapi ketika tim editorial buka posisi intern, saya semangat banget untuk coba daftar!

Walaupun nggak pernah nulis artikel beauty sebelumnya, saya berkali-kali meyakinkan diri untuk men-challenge diri saya melakukan hal yang baru. Akhirnya sesuai dengan persyaratan yang diminta, saya coba tulis dua artikel. Artikel pertama dengan tema Wednesday Wishlist alias bercerita tentang produk yang baru rilis apa yang saya lagi ingin beli dan kenapa. Dan artikel kedua adalah artikel feature dengan topik yang kira-kira menarik untuk dibaca oleh para beauty enthusiasts. Artikel yang saya tulis adalah 3 Beauty Vlogger Indonesia Unik Wajib Follow.

Kalau nggak salah, nggak sampai 5 hari setelah saya kirim cv dan artikel ke email kak Netta, saya dapat email dari ci Nopai (Operational Director Female Daily Network yang waktu itu meng-handle rekrutmen). Isi emailnya lebih ke nanya-nanya hal teknis tentang persiapan mulai masuk kantor, tanpa ada pernyataan yang bilang kalau saya keterima jadi salah satu intern. Kaget plus bingung banget, beneran keterima magang di Female Daily nggak sih? Berasa kayak mimpi banget.

Source : Youtube DailySocial

Fast forward to the first day, hari Senin saya masuk kantor dan kenalan sama intern editorial juga, Karin. Kak Netta yang waktu itu posisinya sebagai senior editor jadi supervisor kita berdua. Setelah kenalan sama tim editorial dan tetangga meja kanan kiri, kita ikutan weekly sharing session barengan seluruh karyawan. Sering lihat kan di vlog nya FD, tiap hari Senin ada agenda pagi untuk update progress kerja mingguan tiap divisi dan ada sharing session juga.

Kerja intern tim editorial ngapain aja sih?

Hampir sama dengan editor lainnya, saya setiap minggunya harus nulis 2-3 artikel untuk blog Female Daily. Ide artikel biasanya kita ajukan sendiri ke kak Netta dan disesuaikan dengan tema besar bulanan. Misalnya bulan ini temanya budget beauty, maka akan banyak artikel tentang produk lokal atau drugstore, atau tips menghemat budget pengeluaran untuk produk beauty. Dan sebagainya. Nah jadi di akhir bulan biasanya ada editorial meeting, saya dan Karin ikutan meeting bareng sama kak Dara, kak Netta, kak Ochel dan kadang Mba Affi juga ikut. Di meeting tadi biasanya akan ada brainstorming tentang ide artikel keseluruhan yang akan kita cover di bulan depannya.

Baca Juga : 4 Artikel Female Daily yang Saya Tulis

Setelah konsep tulisan udah approved di meeting bulanan, lanjut deh ke proses penulisan. Selama magang di Female Daily, dari mulai riset dan baca-baca artikel dari Allure, Into The Gloss dan sumber beauty article lainnya, sampai ke terjun lapangan untuk liputan, foto-foto, dan wawancara narasumber semuanya dilakukan sendiri.

Part yang seru itu kalau liputan event launching produk baru dan waktu saya nyobain spa di Chocolaspa. Kalau datang event tuh seru banget biasanya bisa coba-cobain produk baru dan ketemu beauty influencer juga.

Sering dapat freebies make up dan skin care nggak sih?

Jawabannya, iya, lumayan sering. Jadi brand make up ataupun skin care sering ngirimin paket ke kantor Female Daily, berisi produk terbaru mereka yang baru launching. Biasanya produknya adalah produk yang sama kayak yang dikirimin ke para beauty influencer dan tujuannya adalah untuk tim editorial mencoba langsung produk-produk teranyar dan memberi review. Selain kiriman dari brand, tim editorial juga sering liputan secara langsung ke event launching produk dari berbagai brand. Nah kalau pulang event tuh pasti bakalan dapat goodie bag berisi macam-macam produk.

Barang-barang hasil kiriman dan liputan tadi biasanya akan dipergunakan untuk review terus setelahnya disimpan di salah satu rak tim editorial. Bayangin deh, ada satu rak penuh dengan produk make up dan skin care rilisan terbaru, dan sebagian produknya boleh dipakai bareng-bareng untuk sekedar coba-coba atau misalnya perlu bikin konten untuk artikel atau video.

Nah, pulang liputan biasanya kak Netta nyuruh kita pilih salah satu produk dari goodie bag untuk kita bawa pulang dan sisa produk lainnya disimpan di rak editorial tadi. Oh iya biasanya di akhir tahun bakalan ada pot luck alias undian buat bagi-bagi isi rak tim editorial tadi untuk seluruh karyawan Female Daily, and it is sooo fun hehe pengen deh ikutan.

Ketemu FD Babes dong kalau ke kantor?

Karena kantor Female Daily itu cuman satu lantai dan konsepnya open space, jadi ya udah pasti ketemu semua karyawannya termasuk FD Babes, dan teman-teman lain yang juga sedang magang di Female Daily. Bisa kerja bareng sama kak Netta dan kak Dara sebelum mereka resign itu salah satu keberuntungan banget sih. Because they are both so inspiring and pretty in real life!

Kesan setelah magang di Female Daily?

Kerja di lingkungan yang 70%nya diisi perempuan itu feel-nya beneran beda banget! Pokoknya udah biasa banget sama pemandangan orang-orang yang catokan dan pakai make up pagi-pagi di meja kerjanya, atau gossip berjamaah di pantry pas makan siang. Kayaknya vibes girl power kayak gitu nggak akan ada di kantor lainnya sih.

With Editorial Team

Oh ya satu hal yang saya sukai dan respect dari Female Daily adalah gimana sikap perusahaan yang stick to what they believe in. Female Daily itu salah satu beauty media yang kental menyuarakan inklusifitas di dunia kecantikan. Cantik itu punya semua orang, dari segala jenis kulit, bentuk tubuh dan tipe look yang disuka. Yes, salah satu buktinya adalah kampanye #YourBeautyRules yang selalu terdengar di sela hingar bingar event Jakarta X Beauty 2018 kemarin.

Terakhir, saya senang banget sih karena magang di Female Daily saya jadi bisa terjun dan melatih kembali skill menulis saya dan ditambah explore pengetahuan baru di bidang beauty. Sampai akhirnya saya semangat untuk tetap nulis lewat blog ini hehe. Di Female Daily juga saya kenalan dengan SEO dan bikin saya bisa join di tim SEO Bukalapak sekarang.

Oh iya kapan-kapan saya akan cerita tentang gimana caranya bisa kerja atau magang di Female Daily ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *