Cushion Compact Rollover Reaction: Cushion Brand Lokal Paling Wajib Punya!

Setelah beberapa kali mengeluarkan produk makeup dekoratif dari mulai lip cream, liquid eyeshadow sampai brow mascara, akhirnya brand Rollover Reaction mulai merambah ke produk complexion! Dari awal saya udah semangat banget karena menurut saya pemilihan cushion compact sebagai produk complexion pertama mereka bisa dibilang cukup berani. Kenapa?

Biasanya nih, produk cushion bakalan punya banyak celah untuk dapet komentar miring. Dari mulai tampilan packaging yang mungkin nggak sesuai selera, harganya yang seringkali jauh lebih mahal dibanding produk complexion versi lainnya, sampai ke kualitas puff yang nggak jarang ikut jadi faktor penilaian.

Belum lagi masalah pemilihan shade. Orang Indonesia kayaknya udah keburu males sama produk cushion yang biasanya secara template bakalan cuma kasih pilihan warna – warna terang yang undertone-nya pun nggak sesuai. Tapi menurut saya, cushion RR justru bakalan disukai banyak orang. Here’s my thought on Rollover Reaction’s Cushion Compact in 102 Honey Toast.

Packaging

Untuk ukuran packaging Cushion Compact Rollover Reaction nggak beda jauh sama produk cushion pada umumnya. Emang sedikit gendut, tapi nggak bulky banget kok. Isi produk di dalamnya pun standar produk cushion kebanyakan, yakni 15 gram. Kalau ngomongin desain, sejak pertama kali RR kasih bocoran penampilan si cushion di email newsletter (fyi, bocoran di newsletter biasanya keluar lebih dulu dibanding postingan di Instagram official RR lho!) saya langsung pengen banget punya.

Bagian casing depan cushion compact ini berbahan plastik dengan tulisan yang nggak bakalan gampang hilang. Males banget kan sama produk makeup yang packaging luarnya lama kelamaan luntur karena terlalu sering kena tangan?

Warna pink nude khas RR di bagian depan menurut saya menambah kesan manis tampilan cushion. Ditambah bagian dalam cushion yang didominasi warna hitam. I mean, black is definitely my color. Sedikit teringat cushion NYX ya yang juga punya tampilan serba hitam, tapi bagian depan casing yang berwarna nude pink tadi bikin tampilan cushion-nya jauh lebih menarik.

Oh iya, untuk versi refillnya memang belum ada sih, tapi kabarnya akan segera dijual kata pihak RR. Jadi buat yang emang akan repurchase nggak usah beli lagi casing baru, tinggal beli refillnya aja deh.

Skincare-Infused Ingredients

Berbeda sama cushion lain yang mengklaim produknya adalah cushion foundation, produk cushion compact punya Rollover Reaction ini secara jelas menyebutkan Tinted Moisturizer di bagian kemasan. Jadi seperti yang emang dibilang di website RR, mereka mengenalkan produk cushion ini untuk digunakan sehari-hari untuk menciptakan look natural. Walaupun RR tetap menjanjikan cushion ini bisa bikin complexion jadi flawless dan foolproof (as stated on the website), jangan berekspektasi terlalu tinggi yaa sama coverage-nya.

Ingredients cushion Rollover Reaction
Ingredients cushion Rollover Reaction

Cushion ini disebut tinted moisturizer karena punya kandungan Hyaluronic Acid yang bisa membantu menghidrasi kulit. Selain itu kita juga nggak perlu khawatir kalau kelupaan pakai sunscreen karena cushion ini udah dilengkapi SPF 27, lebih tinggi sedikit dibanding SPF 23 di produk cushion Pixy, tapi masih di bawah cushion Instaperfect Wardah yang punya SPF 29.

The Shade Range

Cushion Compact Tinted Moisturizer Rollover Reaction pertama kali dirilis dalam 3 shade, 101 Custard Tart untuk kulit light dengan undertone netral, 102 Honey Toast untuk kulit light-medium dengan undertone kuning, dan 103 Milk Tea untuk kulit tan dengan undertone kuning. Berbeda dengan cushion lokal lainnya yang bikin saya galau milih warna, pas ngeliat range warna cushion Rollover Reaction saya langsung tau shade saya yang mana. 102 Honey Toast it is!

shade 102 Honey Toast
shade 102 Honey Toast

Warna 101 Custard Tart walaupun undertonenya netral, tapi dilihat dari hasil swatch beberapa orang sepertinya lebih masuk ke undertone pink, dan jelas kulit saya bukan termasuk kategori cerah sama sekali. Sementara warna 103 Milk Tea sebenarnya nggak terlalu gelap juga sih, tapi undertonenya pun lebih mendekati peach daripada yellow. So the warmest shade is Honey Toast. Buat kamu yang bingung milih shade, bisa cobain dulu kuis singkat dari Rollover Reaction buat cari tau shade cushion yang pas. Thank you, RR!

Swatch Cushion Rollover Reaction Honey Toast
Swatch Cushion Rollover Reaction Honey Toast

Dibanding dengan cushion keluaran brand lokal lain, apalagi kalau dibandingin sama produk cushion keluaran brand Korea, cushion RR punya udah cukup mewakili warna kulit kebanyakan perempuan Indonesia loh dengan ketiga produknya yang punya undertone yellow dan netral. Walaupun begitu, menurut saya bakalan tetap banyak yang belum kebagian shade juga. Semoga range warnanya bakalan ditambah terus ya.

Applied on the Skin

Pas pertama kali produknya nyentuh kulit, akan kerasa dingin. Another plus point, nggak ada wangi yang mengganggu juga sih. Selain itu menurut saya puff bawaan dari cushion ini kualitasnya bagus karena bahannya lembut, ban tempat kita nyelipin jari juga lumayan lebar dan pas ukurannya sehingga nggak gampang gerak gerak.

Dengan puff bawaan dari kemasan, menurut saya udah cukup banget untuk blend produk ke seluruh bagian muka. Produk yang terserap ke puff juga nggak terlalu banyak karena seratnya yang cukup padat. Satu hal yang saya notice ketika mengaplikasikan produk dengan puff ini adalah…nge-blendnya jadi cepet banget! Kayaknya cuma perlu waktu 1-2 menit aja produk kompleksi udah akan merata. Tapi harus agak hati-hati ya kalau nggak sengaja kena bagian ujung-ujung puff karena akan nimbulin garis – garis gitu.

Lightweight Formula with Medium Coverage

Oke, sebelum ngomongin formula dan coverage cushion anyar satu ini, saya mau mention sedikit tentang klaim finish look dari cushion compact tinted moisturizer Rollover Reaction. Berbeda dari produk cushion lokal lain yang punya klaimnya masing-masing (Emina dengan Dewy Matte finish, Pixy dengan Glowing finish, dan Wardah Instaperfect dengan Matte finish), Rollover Reaction tetap kukuh dengan tujuan natural beauty look-nya mengklaim produk cushion mereka bakalan kasih hasil akhir satin-looking alias nggak terlalu glowing nan basah, tapi juga nggak matte.

Before – After penggunaan cushion RR 102 Honey Toast (yang kanan cuma pakai cushion tipis dan sedikit Maxwell lipcream di bibir, pipi dan kelopak mata)

Dan emang bener banget, baik dipakai satu layer tipis ataupun ditambah jadi dua layer, hasil akhir di muka memang satin finish yang kelihatan sehat. Not too annoyingly glowing, but definitely not a matte finish, it’s just the perfect finish to my liking!

Bicara kemampuan produk untuk menutupi imperfection, bisa dibilang it gives us extra coverage– for a tinted moisturizer product. Iya, banyak banget yang bilang sebagai tinted moisturizer, produk cushion compact Rollover Reaction udah bagus banget karena ngasih hasil coverage medium to full. Bahkan menurut saya hasilnya beda tipis dengan foundation andalan saya, Wet n Wild Photofocus Foundation. Bekas jerawat, lingkaran bawah mata yang hitam, semuanya bisa disamarkan dengan pakai satu layer cushion ini aja. Disamarkan loh ya, bukan dihilangkan.

Untuk pemakaian sehari-hari menurut saya cukup satu dip aja untuk seluruh muka dan diratakan untuk dapetin look yang skin-like. Rasanya di kulit pun akan ringan banget seperti nggak pakai produk base. Sementara kalau ditumpuk layer kedua dan seterusnya, selain coveragenya akan semakin ‘nggak nyantai’, rasanya di wajah juga akan jadi sedikit berat. Produknya pun akan gampang bergeser apalagi kalau nggak di set dengan powder.

Ketahanan produk

Sejujurnya belum pernah pakai produk ini di atas 4 jam apalagi seharian full sih. Tapi sejauh ini, untuk pemakaian di atas 2 jam emang udah mulai muncul minyak di bagian dahi, sekitar hidung dan dagu (tipe kulit saya kering sebenernya, tapi akhir – akhir ini lebih sering oily). Jadi kalau emang berencana mau pakai untuk seharian lebih baik tetap dikunci dengan bedak tabur ya.

Eh tapi lucunya kalau kita foto pakai flash, mukanya malah terlihat lebih matte daripada aslinya yang udah lebih berminyak. Nggak tau juga sih kenapa bisa gitu. Satu lagi yang saya suka, semakin lama dipakai, produknya bakalan terlihat semakin nyatu sama kulit. Buat saya, nahan minyak atau nggaknya sih nggak masalah sama sekali, karena saya selalu bawa blotting paper kemana-mana.

Conclusion

Sejak produk cushion-nya datang, dari segi packaging saya udah cinta banget, bisa dibilang Rollover Reaction punya packaging yang seleranya sama banget! Sebenarnya setiap beli produk complexion saya selalu deg-degan karena nggak jarang berakhir galau gara-gara nggak cocok sama warnanya dan lain-lain. Tapi kali ini alhamdulillah click banget sama Cushion Compact Tinted Moisturizer Rollover Reaction!

Jujur sehari-hari sering pakai full coverage foundation kemana-mana tapi kayaknya bakalan mulai pakai RR aja untuk daily karena jauh lebih praktis dan nyaman juga. All in all, menurut saya dengan harga Rp 195.000,- cushion Rollover Reaction ini worth to try dan nggak akan fail.

Kalau mau beli, bisa cek di website Rollover Reaction atau di Sociolla ya. Semoga tulisannya membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *