[Review] Catrice 12H Matt Mousse Make Up

Akhirnya ada juga produk complexion yang saya bahas. Karena sebenarnya saya paling nggak suka gonta ganti produk base, and its simply karena takut salah beli warna, atau takut oxidize. Jadi ya, mentok mentok saya cuma pakai DD cream dari Wardah untuk sehari-hari, atau foundation Milani kalau mau agak lebih niat sedikit make up-nya.

Jadi ceritanya waktu itu Catrice Cosmetics lagi ada diskon di Guardian dekat rumah, kayaknya produk-produk mereka sedang banyak yang re-packaged dengan desain baru, jadi produk desain lama banyak yang diskon dengan potongan harga yang lumayan banget. Akhirnya waktu itu saya beli satu nail polish Catrice dan satu produk yang sebenernya sih saya nggak pernah denger sebelumnya. Yes, I’m talking about the 12h Matt Mousse Makeup alias produk base Catrice dalam bentuk mousse.

Waktu itu saya beli produk Catrice foundation mousse ini seharga Rp 50.000 kalau nggak salah. Kalau di e-commerce harganya kisaran Rp 85.000 sampai Rp 115.000, tapi waktu saya lihat di website Catrice, tulisannya sih “this product is no longer available”. Nah, nggak tahu nih apakah produknya discontinue atau nggak.

source : bubblycolor.com

Packaging

Produk 12h Matt Mousse Makeup ini punya packaging yang lucu. Bentuknya jar pendek gitu, terbuat dari kaca dan tutupnya plastik doff, packaging-nya simple dan clean khas brand Catrice Cosmetics. Memang cukup berat sih kalau untuk dibawa-bawa, dan makan tempat di make up pouch juga, tapi saya sering bawa dia karena emang butuh banget!

Karena produknya berbentuk mousse, jadi ya mau nggak mau ngambilnya memang harus colek colek ke dalam jar ya. Agak kurang higienis sih, tapi nggak masalah asal nggak terlalu lama dibiarkan terpapar udara. Jadi kalau lagi mau pakai, sebaiknya jangan terlalu lama dibuka.

Tekstur Produk

To be honest saya belum pernah pakai produk base dengan tekstur mousse sebelumnya. Mungkin ada yang pernah coba Rimmel Stay Matte Liquid Mousse Foundation, Lakme 9to5 Reinvent Weightless Mousse Foundation, atau Maybelline Dream Matte Mousse Foundation? Harusnya teksturnya mirip-mirip dengan tiga produk tadi ya.

source : mtpshop.com

Nah, untuk Catrice foundation mousse ini sendiri, teksturnya ketika dipegang itu cream yang cenderung lebih tebal dan padat, nggak cair sama sekali. Terus waktu pertama kali nyolek di jar-nya, kerasa agak bouncy bouncy gitu jadi seneng aja pakainya hehe.

Baca Juga : Review DD Cream Wardah untuk Daily Make Up

Ketika diaplikasikan di wajah, dia emang agak susah di spread dan di blend karena memang teksturnya yang tebal dan cenderung kering. Dan hasil akhirnya matte bahkan terasa powdery, jadi ketika selesai pemakaian, tekstur produknya di kulit akan terasa seperti habis menggunakan produk powder. Karena wajah saya lebih sering kering, makanya saya jarang banget pakai produk ini untuk base seluruh muka karena agak aneh finish-nya, dan semakin siang akan semakin cakey. Tapi untungnya saya nemu kegunaan lain dari produk ini yang akhirnya bikin produknya berguna banget sampai sekarang!

Coverage, Shade and How I Use the Product

Oke, jadi produk ini sebenarnya punya coverage yang cukup tinggi. Yes, again karena teksturnya yang padat dan tebal, maka udah pasti dia lebih bisa untuk nutupin imperfection di wajah. Sayangnya cara penggunaannya emang tricky banget.

Karena saya kesulitan untuk blend produk ini ke seluruh wajah, tapi butuh banget coverage dari 12h Matt Mousse Make Up ini, akhirnya saya coba pakai dia sebagai concealer. Oh ya, saya pakai shade yang 015 Sand Beige, which I actually love karena dia punya yellow undertone dan pas banget di kulit saya. Kayaknya kalau besok-besok mau coba foundation atau concealer Catrice, shade ini yang akan saya beli.

source : die-elfabrik.blogspot.com

Ok, back to the Catrice foundation mousse. Jadi kondisinya kulit saya lagi banyak bekas jerawat kemerahan di pipi kanan, yang walaupun udah pakai DD cream dan foundation tuh tetap susah banget disamarkan. Biasanya saya Cuma pakai Wardah DD cream, tapi somehow warna kemerahan si bekas jerawat masih kelihatan banget. Same thing happened ketika saya pakai foundation Milani. Akhirnya saya coba pakai produk Catrice foundation mousse ini sebagai concealer di atas produk DD cream. Dan ternyata, berhasil! Saya cuma perlu fokusin di bagian kemerahan, apply produknya menggunakan jari dan di-blend sedikit dengan beauty sponge, and it does the job! Warna kemerahan bekas jerawat berhasil banget ketutup tanpa jejak!

Bahkan menurut saya produk ini lebih canggih nutupin imperfection dibanding LA Girl Pro Conceal ataupun Milani 2 in 1 Foundation yang klaimnya dia berfungsi sebagai concealer juga. Tapi tetap aja produk ini ada minusnya, yakni dia kurang tahan lama. Di saya, staying power produk ini hanya sekitar 4-5 jam. Lain cerita kalau kalau udah kena air wudhu, dia akan lebih cepat terlihat cakey dan bekas jerawat yang tadinya ketutup bakalan kembali terlihat, plus warnanya jadi kelihatan abu-abu, bukan kemerahan.

Baca Juga : Cara Cepat Menghilangkan Komedo

Saya juga pernah pakai sebagai concealer di bawah mata, tapi sayangnya kurang cocok karena jauh lebih cepat creasing kalau dipakai di bawah mata. Another tips, kalau mau menambah coverage lagi, bisa coba juga pakai produk Catrice foundation mousse ini di awal sebelum memakai produk base seluruh muka. Jadi kita spot conceal dulu di area yang perlu lebih banyak coverage, habis itu pakai foundation atau complexion products lainnya ke seluruh muka, baru terakhir ditumpuk mousse lagi kalau memang perlu. Cara ini bisa ngebantu banget mengurangi kemungkinan creasing produk mousse tadi.

Re-purchase?

Walaupun saya selalu pakai tiap hari banget selama hampir 5 bulan lebih, tapi kayaknya saya nggak akan repurchase lagi sih karena sekarangpun produknya masih super banyak banget karena emang cuma dipakai untuk spot conceal. Mungkin saya akan coba foundation atau concealer Catrice aja dengan shade yang sama. Saya juga masih mau cari-cari maskara Catrice selain yang udah pernah saya coba di post ini.

Have thoughts on this product? Silakan komen di bawah yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *