Cara Cepat Menghilangkan Komedo

Salah satu skin problem yang paling nyebelin buat saya adalah komedo. Both whiteheads and blackheads pasti pernah dialami masing-masing orang. Sebenarnya dari dulu saya masih struggling sama yang namanya pori-pori besar, clogged pores, dan teman-temannya. Apalagi kalau lagi ada event atau lagi seneng pakai make up, bakalan terganggu banget kalau ada komedo. Make up jadi kelihatan bertekstur dan nggak bisa flawless, setuju nggak? Nah, sebelum bahas step cara menghilangkan komedo, kayaknya perlu deh kita cari tahu sedikit tentang komedo. Apa sih komedo itu? Apa yang jadi trigger munculnya komedo di wajah?

Komedo ternyata salah satu bagian keluarga jerawat yang muncul akibat penumpukan sel kulit mati, minyak berlebih dan bakteri yang terperangkap di pori-pori wajah kita. Yes, they are basically clogged pores. Bedanya komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead) sebenarnya sederhana. Whitehead adalah pori-pori yang tersumbat, tapi permukaan paling luarnya masih tertutup lapisan kulit. Jadi dia bikin kulit kita bertekstur, tapi sebenarnya masih berada di bawah kulit. Sementara blackhead adalah komedo yang muncul ke permukaan. It was once a whitehead tapi bagian paling luarnya berubah warna menjadi kehitaman akibat terekspos udara dan mengalami oksidasi.

Biasanya komedo paling sering muncul di bagian wajah yang paling berminyak. In my case, langganan muncul komedo adalah bagian hidung, area pipi bagian dalam dekat hidung, dan dagu. Saya baca di salah satu artikel, katanya sih di kebanyakan orang blackhead lebih sering muncul di hidung dan whitehead di bagian pipi. Tapi sebaliknya, saya malah banyak whitehead di hidung dan di bagian pipi pori-pori kelihatan besar akibat blackhead bahkan sering clogged pore yang sampai super ganggu banget.

Baca Juga : Pengalaman Saya dengan Dermatitis Atopik

Jadi gimana sih cara menghilangkan komedo? Saya nggak akan bahas bahan bahan home remedies yang bisa dibikin DIY menghilangkan komedo ya. Karena walaupun bahan-bahan tersebut natural, tapi beberapa memang nggak disarankan untuk dipakai secara langsung ke kulit.

Untuk menghilangkan komedo, ada long term step atau cara menghilangkan komedo yang berfungsi mencegah dan mengurangi komedo dalam jangka panjang, dan short term step yang bisa kita lakukan kalau butuh menghilangkan komedo dalam waktu cepat.

Nah, untuk sekarang saya akan jelasin cara-cara menghilangkan komedo yang termasuk ke dalam short term dulu. In case of emergency, ada acara dadakan dalam waktu dekat, nggak usah panik. Kamu bisa coba cara cepat menghilangkan komedo ini!

  1. Pakai kombinasi gentle facial wash dan oil control facial wash

Produksi minyak berlebih emang jadi salah satu trigger utama munculnya komedo. Jadi, the idea is to minimalize sebum production di wajah kita. Tapi jangan juga bikin kulit wajah jadi terlalu kering dengan penggunaan face wash yang kurang tepat, karena semakin kulit kita menjadi kering, justru sel kelenjar minyak di kulit akan makin banyak memproduksi minyak untuk melindungi kulit dari dehidrasi. Nah, biasanya saya akan pakai produk face wash yang khusus jerawat atau yang lebih cenderung drying hanya di malam hari setelah beraktifitas seharian. Sementara kalau pagi hari saya lebih memilih gentle facial wash yang nggak terlalu bikin kulit terasa ketarik. The key is to have a balance cleansing routine.

  1. Steam-cleansing strip-toner

source : vemale.com

Yes, penggunaan produk nose cleansing strip yang bisa kita temukan di minimarket emang jadi salah satu cara darurat untuk menghilangkan komedo. Selain gampang banget dibeli dimana aja, harganya juga murah banget. Tapi jangan salah, kadang kita nggak menggunakan cleansing strip secara maksimal sehingga komedo yang terangkat juga nggak banyak. Sebelum menggunakan cleansing strip, biasanya saya akan steaming wajah dulu. Caranya, masukkan air mendidih ke wadah seperti baskom atau mangkok besar, terus dekatkan wajah ke atas wadah air panas tadi selama kurang lebih 5-7 menit. Steaming ini fungsinya untuk membuka pori-pori supaya nanti komedo bisa lebih mudah terangkat oleh cleansing strip. Nah setelah selesai menggunakan cleansing strip, saya langsung menggunakan toner atau es batu di area yang sebelumnya telah dibersihkan cleansing strip, tujuannya supaya pori-porinya kembali menutup.

  1. Exfoliate!

Lagi lagi, sumber utama penyebab komedo adalah pori-pori yang tersumbat sel kulit mati dan minyak berlebih. Kalau kita sering terpapar polusi, berkeringat, muka berminyak, pakai make up dan nggak bersihin muka secara total, jangan heran kalau komedo makin banyak bertebaran di sekitar area wajah! Kita perlu banget lho, rutin melakukan eksfoliasi alias membantu proses pengangkatan sel kulit mati di wajah supaya mengurangi penumpukan tadi. Caranya gimana?

source : hip2save.com

Karena saya pengguna ojek online empat kali sehari, jadi saya wajib banget lebih ekstra pas bersihin muka. Cara eksfoliasi pertama yang saya lakukan adalah menggunakan electric facial cleansing brush saat mencuci muka. Brush yang bisa berputar secara otomatis ini ngebantu banget membersihkan wajah lebih maksimal. Produk yang saya punya di rumah adalah Mashami Shouko Sonic Cleansing Brush. Kalau nggak salah, produk cleansing brush Miniso juga lumayan bagus kok.

Baca Juga : Rekomendasi Skin Care dan Obat untuk Atopic Dermatitis

Cara eksfoliasi kedua, menggunakan physical exfoliator alias scrub wajah. Kalau untuk jangka panjang saya lebih menyarankan untuk menggunakan chemical exfoliator sih, tapi kalau untuk darurat kayaknya scrub atau produk peeling yang punya butiran butiran kasar gitu lebih helpful.  Pilihan produknya banyak banget kok dari drugstore bahkan di minimarket pun banyak.

Last but not least, saya juga sering menggunakan produk clay mask atau mud mask untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati. Menurut saya ini salah satu step paling ampuh untuk menghilangkan komedo secara cepat. Tapi jangan lupa untuk steaming dulu sebelum menggunakan masker ya. Produk andalan saya untuk step masker ini adalah The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask.

  1. Gunakan tools khusus komedo jika perlu

Nah, step terakhir cara menghilangkan komedo ini buat yang berani aja sih. Karena banyak juga yang bilang kalau tools untuk mencabut komedo tuh nggak menolong karena dia bisa menjadi cara menghilangkan komedo untuk sementara aja, malah bisa beresiko melukai wajah kalau penggunaannya nggak hati-hati. Nah, makanya saya masukkin ke step emergency karena memang benar sih, penggunaan tools pencabut komedo emang untuk jangka pendek aja karena kalau nggak dicegah secara jangka panjang toh si komedo akan muncul lagi.

source : beautifullyalive.org

Alat pencabut atau pembersih komedo ada berbagai macam jenis. Dari mulai comedone extractor, blackhead tweezer, cotton ball yang terkenal dari Thailand, sampai alat vacuum komedo alias penyedot komedo yang lagi banyak bermunculan reviewnya.

Saya sendiri cuma pernah coba (dan masih rutin) pakai satu tools aja, yakni comedone extractor yang ujungnya berbentuk lingkaran gitu. Karena komedonya emang cepet banget munculnya, saya biasanya akan pakai 3 hari sekali. Walaupun emang ampuh, tapi harus hati-hati juga ya dalam penggunaannya terutama untuk yang punya kulit sensitif apalagi eczema seperti saya karena biasanya akan terasa sakit dan bikin hidung kita merah-merah.

Nah, biasanya cara apa aja sih yang kamu gunakan untuk menghilangkan komedo dengan cepat? Silakan share cara menghilangkan komedi versi kamu ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *