Fashion

Beli 9 Baju di Shopee dan Pengiriman dari China, Worth It Nggak?

Beberapa waktu lalu saya nyobain belanja baju di salah satu olshop asal cina yang sering banget dibahas di youtube. Biasanya nih kalau kita lihat-lihat baju di e-commerce Shopee kan ada beberapa barang yang pengirimannya dari luar negeri, nah toko Xiaozhainv ini termasuk salah satu yang sering banget berseliweran di hasil pencarian dan bikin sama makin penasaran buat beli baju di china lewat e-commerce Shopee.

Kenapa saya berani untuk coba belanja baju di toko Xiaozhainv di Shopee? Awalnya karena sudah lihat review di Youtube yang lumayan bagus dan saya juga baca-baca review pembeli di profil toko. Sebenarnya review di Shopee oleh pembeli agak mixed antara bagus dan enggak. Kuncinya adalah cek review masing-masing barang, kalau kebanyakan komplain lebih baik cari barang yang lain. Oh iya, nggak tahu kenapa, sepertinya si toko ini punya banyak supplier jadi kualitas masing-masing item bisa berbeda.

Untuk teknis cara beli baju di china ini nanti akan saya tuliskan di artikel selanjutnya ya supaya nggak terlalu panjang, di tulisan kali ini saya mau bahas tentang review masing-masing baju yang saya beli. Happy reading!

Sweater lengan panjang (warna karamel) 

Rate : 4/5
Harga : Rp 149.000

Di fotonya, sweater ini terlihat seperti berbahan wol tapi semi velvet gitu, dengan ukuran oversized. Ternyata aslinya ukurannya fit-in, panjang lengannya pun biasa aja, nggak seperti di foto yang terlihat panjang dan bisa digulung. Saya sebenarnya expect dapat baju yang oversized gitu sih, tapi ya untungnya bahan fabric-nya masih bagus, kayak sweater biasa dan bahannya terlihat nggak murahan. Waktu dipakai juga lembut, nggak bikin eksim saya kambuh seperti saat menggunakan fabric sweater yang agak kasar. Oh iya, satu catatan sih, warna cokelatnya jauh lebih terang dibanding di foto, agak semi oranye ngejreng gitu padahal di foto kan bagus banget cokelat basic.

Kemeja bell-sleeves (warna coffee)

Rate : 3/5
Harga : Rp 124.000

Nah ini salah satu yang saya penasaran banget karena lihat di reviewnya kok pada bilang bagus banget. Waktu saya coba pakai, cutting kemeja ini memang unik banget di bagian lengannya yang berbentuk seperti lonceng. Sebenarnya saya udah punya banyak banget baju modelan begini tapi setiap lihat selalu pengen koleksi hehe. Fabric di bagian luar bajunya mirip beludru halus dan di bagian dalam berbahan satin, kayaknya semacam furing supaya nggak gatal di kulit. First impression saya saat pakai kemeja ini adalah, bajunya cukup tebal dan agak sedikit kebesaran di badan saya, dan furing di bagian dalam bikin jadi kerasa gerah kalau bajunya dipakai di tempat yang agak panas. Tapi tetap bagus kok, sesuai dengan review pembeli lainnya.

Sweater rajut (warna aprikot)

Rate : 2/5
Harga : Rp 118.000

Salah satu item yang bikin saya kecewa banget. Di foto dia keliatan oversized dan material kainnya bagus banget gitu. Ternyata in real life produk ini malahan kayak sweater rajut biasa dan warnanya pun putih gading jelek gitu. Beneran kayak produk yang sama sekali berbeda dari fotonya di Shopee. Tapi setelah itu saya baru sadar kalau saya belum baca review produknya sama sekali dan hanya lihat fotonya aja makanya ketipu deh sama visualnya yang cakep. Sebenarnya sebagai sweater rajut biasa sih bahannya lumayan bagus ya tapi agak jarang-jarang gitu jahitannya jadi harus pakai baju dalam lagi karena kalau enggak bisa tembus pandang hehe.

Jaket hoodie (warna hitam)

Rate : 2/5
Harga : Rp 79.000

Ini juga failed akibat nggak baca review. Beneran skip banget karena dipikiran saya yang namanya hoodie jaket pasti ya gitu-gitu aja. How bad can it be? Ternyata eh ternyata, bahan kainnya itu kelihatan murah banget, agak terlihat mengkilap dan kalau dipakai udah pasti bikin gerah nggak nyaman gitu. Minusnya lagi, saya sengaja pesan satu ukuran lebih besar (saya pesan size L) karena lagi-lagi ingin baju yang oversize, begitu saya cobain ternyata ngepas banget di badan jadi seperti size M yang kekecilan.

Kaos stripes lengan panjang (warna putih)

Rate : 2/5
Harga : Rp 71.000

Hm khusus buat produk satu ini saya sebenarnya udah punya feeling kalau bakalan jelek tapi tetap aja saya beli. Again, kayaknya saya juga nggak baca review karena kaosnya terlihat basic banget dan yang beli pun banyak. Memang dia bentuknya oversized sih, tapi itupun saya harus pilih satu ukuran lebih besar daripada ukuran saya biasanya. Tapi kainnya ternyata tipis dan licin gitu, bukan seperti bahan katun ataupun scuba seperti yang saya kira. Pernah lihat nggak baju-baju di pasar yang bahannya tipis tembus pandang dan agak licin glossy gitu? Nah persis kayak gitu sih. Bahkan menurut saya, kalau pintar cari baju di toko murah seperti PGB Bogor atau Kings Bandung harusnya dengan harga 70ribuan bisa dapat baju yang jauh lebih bagus kualitasnya. 

Kemeja stripes (warna biru royal)

Rate : 3/5
Harga : Rp 75.000

Hmm..buat kemeja stripes ini agak mixed feeling sih, kualitas bajunya biasa aja, nggak bagus dan nggak jelek tapi ya di fotonya pun memang kelihatan sama. Bahannya nggak bikin panas, lumayan tipis tapi nggak nerawang juga. Beli size L, dan pas banget di badan. Berarti emang kalau ada pilihan size sebaiknya pilih satu size lebih besar daripada size kita biasanya ya.

Ikat pinggang retro (warna hitam)

Rate : 4/5
Harga : Rp 49.000

Ini lucu sih belt-nya vintage banget karena pelatnya warna emas tapi matte gitu. Bahan ikat pinggangnya lumayan kokoh dan tebal, semoga nggak cepat rusak kalau sering dipakai ya. Tadinya galau mau beli yang warna coklat atau hitam karena dua-duanya sama-sama lucu banget dan yang warna brown emang jauh lebih retro sih. Harusnya beli dua-duanya ya hehe.

Kemeja flanel warna pink

Rate : 5/5
Harga : Rp 113.000

Ini yang paling favorit sih karena gambar dan aslinya persis sama. Bahan kain flanelnya yang tipis gitu tapi lembut, dan warna pink-nya gemas banget in real life. Ukuran kemeja ini one size tapi di badan saya masih agak kebesaran sedikit dan jatohnya jadi bikin look oversize yang bagus kok, nggak aneh sama sekali.

Kaos assymetric (warna hitam)

Rate : 1/5
Harga : Rp 126.000

Ini adalah produk yang bikin saya nyesel abis karena nekat nggak baca review dulu. Tapi sebenarnya agak bingung juga sih kok di review ada aja yang bilang bagus padahal ini failed in so many wayssss! Jadi dia fabric-nya sama persis kayak hoodie jaket yang tadi saya bahas, tebal dan agak mengkilap gitu. Terus karena dia tebal banget, jadinya di badan nggak mengikuti bentuk gitu malahan menggantung. Belum lagi ukurannya yang kecil banget. Saya beli size L dan tetap aja dia ngatung dan super pendek di badan saya. Benar-benar nggak bisa dipakai karena kelihatan nggak jelas banget bentuknya. Mana mahal banget huhu, bisa beli belt dua tuh dengan harga segitu.

Kaos polos tangan panjang (warna hitam)

Rate : 5/5
Harga : Rp 85.000

Tadinya agak kecewa karena bahan kaosnya ini agak lebih tipis dibanding yang dibayangkan dan yang terlihat di foto. Selain itu ukurannya juga di foto terlihat besar termasuk bagian lengannya yang lebar, tapi ternyata aslinya nggak terlalu besar gombrong gitu sih. Nah untungnya bahan bajunya ternyata lembut dan adem banget gitu, enak banget sih dipakai buat sehari-hari. Awal beli kaos ini juga emang tujuannya buat kaos yang basic gitu karena saya suka baju warna hitam.

Dari 10 produk yang saya beli di paket kemarin sebenarnya lebih banyak yang fail dan biasa-biasa aja ya dibanding yang bagus. Dengan total belanjaan sekian ratus ribu agak kurang worth it sih sejujurnya tapi buat saya pengalaman belanja baju dari luar negeri yang pertama kali tetap fun banget dari mulai milihin baju sampai deg-degan nungguin shipping yang nggak kunjung datang. Jadi, kamu tertarik nggak nih untuk beli baju dari China di Shopee?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *