Collaboration,  Skin Care

Review Avoskin Your Skin Bae Toner dan Serum

New local skincare alert! Setelah nyobain dua produk dari Avoskin Your Skin Bae Series selama 3 minggu belakangan, akhirnya saya bisa nulis review kedua produk hari ini.

Di Akhir tahun 2020, brand lokal Avoskin merilis satu seri produk terbaru mereka yaitu Your Skin Bae. Your Skin Bae series ini menarik banget karena memiliki 5 produk serum dan 3 produk toner yang dilaunching bersamaan.

Seluruh produk dalam seri Avoskin YSB berisi active ingredients yang berbeda-beda, yang ditujukan untuk berbagai tipe dan kondisi kulit. Nggak hanya itu, masing-masing produk juga diseimbangkan dengan kandungan natural ingredients yang lebih ramah untuk kulit sensitif. Seru banget belajar ingredients dalam range YSB ini karena kita jadi harus paham kebutuhan kulit dan mulai belajar untuk memilih produk berdasarkan kebutuhan kulit masing-masing.

Untuk perkenalan pertama dengan rangkaian ini, saya memilih produk  toner Niacinamide 7% + Alpha Arbutin 1%+Kale, dan serum Alpha Arbutin 3%+Grapeseed karena kebetulan kulit saya saat ini sedang dalam kondisi yang cukup kusam akibat terlalu sering begadang. Saya butuh produk untuk mencerahkan dan pilihannya jatuh ke dua produk ini, walaupun habis ini rasanya ingin punya semua koleksi Avoskin Your Skin Bae. Mau tau kenapa? Please keep reading!

Packaging

TONER NIACINAMIDE : Produk toner YSB semuanya memiliki kemasan plastik tebal berukuran 100 ml, ukuran standar produk toner umumnya. Dari luar tampilannya transparan sehingga kita bisa tau isi produk yang tersisa. Satu hal yang saya notice dari packaging tonernya adalah, di bagian mulut botol seperti ada suspensi-nya (semacam penahan gitu, I don’t know if it’s a thing and whether it’s made on purpose) jadi produk cairan toner nggak mudah untuk tumpah dari botol. Sangat membantu terutama kalau kamu pengguna toner tanpa kapas seperti saya, we have full control to the amount of product we’re going to use.

SERUM ALPHA ARBUTIN : Produk serum YSB memiliki kemasan botol solid berisi 30 ml. Menurut saya size 30 ml itu ukuran serum yang paling optimal, nggak terlalu sedikit tapi juga gampang untuk dihabiskan tanpa keburu habis masa PAO. Bentuk botolnya agak pendek dan melebar, tapi menurut saya nggak bulky sama sekali. Satu-satunya yang agak kurang nyaman itu waktu ambil produk serum menggunakan pipet kadang agak susah, tapi mungkin ini karena memang tekstur serumnya yang memang agak tricky.

Ingredients

TONER NIACINAMIDE 7% + ALPHA ARBUTIN 1% + KALE : Water, Propylene glycol, Niacinamide, Glycerin, Alpha-Arbutin, Phenoxyethanol, Hydrolized Vegetable Protein, Chlorphenesin, Disodium EDTA, Xanthan gum, Citric Acid, Sodium Bisulfite.

Niacinamide :  Kandungan Niacinamide cukup tinggi dibanding toner Niacinamide lainnya, fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar UV, mencerahkan, meningkatkan elastisitas kulit, menyamarkan noda hitam dan menjaga kelembaban

Alpha Arbutin : Membantu mencerahkan dan mengurangi tampilan pori-pori

Kale Extract : Kandungan Kale pada toner ini merupakan kombinasi dari ekstrak Kale, Carrot dan Lemon. Fungsinya sebagai anti-aging agent, melembabkan dan memperkuat skin barrier

SERUM ALPHA ARBUTIN 3%+GRAPESEED : Aqua, Alpha-Arbutin, Butylene Glycol, Glycerin, Hydroxyethyl Cellulose, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Vitis Vinifera (Grape) Seed Extract, Dissodium EDTA, Dissodium EDTA.

Alpha Arbutin : Kandungan AA di produk ini berasal dari tanaman yaitu Bearberry, Strawberry Tree dan Huckleberry. Fungsi Alpha Arbutin menghambat enzim tyrosinase yang berperan dalam produksi melanin (pigmen warna kulit), kandungan efektif dan aman untuk mencerahkan kulit

Grapeseed : kandungan grapeseed tinggi akan antioksidan untuk menjaga sel kulit tetap sehat

Fungsi toner Niacinamide dan serum Alpha Arbutin

Berikut ini klaim fungsi kedua produk toner Niacinamide dan serum Alpha Arbutin :

  1. Mencerahkan kulit
  2. Mengurangi bercak hitam
  3. Menjaga kulit tetap kencang dan sehat
  4. Mengurangi kemerahan
  5. Mengurangi tampilan pori-pori
  6. Melindungi dari dampak buruk sinar matahari
  7. Mengurangi bekas jerawat
  8. Merawat kulit pasca jerawat
  9. Sebagai antioksidan

Karena skin concern saya di awal bulan ini adalah kulit yang super kusam dan kelihatan lesu banget karena efek begadang, benefit di atas dari kedua produk memang saya butuhkan banget. Saya pun sengaja memilih toner Niacinamide dan Alpha Arbutin yang keduanya merupakan brightening ingredient tapi dilengkapi dengan kandungan lainnya yang berfungsi menjaga kulit tetap sehat.

Tekstur Produk

TONER NIACINAMIDE :  Tekstur toner Niacinamide ini bukan yang terlalu watery tapi ada sedikit tekstur licinnya gitu, jadi agak tengah-tengah antara toner dan essence. It’s a nice texture to keep your skin hydrated.

SERUM ALPHA ARBUTIN : Seperti yang sudah saya mention, tekstur produk serum YSB (kurang tau sih semua serumnya punya tekstur yang sama atau nggak) ini cukup tricky karena kental banget untuk ukuran serum. Minusnya adalah produk lumayan susah diambil menggunakan pipet, tapi ketika dibaurkan ke kulit dia nggak lengket kok, malah teksturnya jadi mirip gel licin gitu. Gampang dibaurkan ke seluruh area wajah, bahkan karena tekstur tebal tadi, cukup 2 tetes aja udah cukup untuk seluruh wajah.

Cara penggunaan kedua produk

Selama 3 minggu mencoba kedua produk, saya menggunakan urutan berikut :

  1. First and second cleanser
  2. Toner Avoskin YSB Niacinamide untuk malam hari, toner lain untuk pagi hari
  3. Hydrating Serum sebagai buffer (selingan sebelum serum yang powerful)
  4. Serum Avoskin YSB Alpha Arbutin
  5. Moisturizer

Kadang kalau saya merasa kulit cukup terhidrasi dan lembab, cukup sampai tahap serum saja karena serum Alpha Arbutin ini menurut saya sudah cukup tebal jadi bisa menggantikan fungsi moisturizer. Untuk produk toner, alasan saya menggunakan bergantian dengan toner lain adalah supaya saya tetap bisa menggunakan exfoliating serum. Biasanya saya menggunakan toner Niacinamide ini 3-4 layer karena saya suka efek lembab yang diberikan toner ini, kayak ada lapisan tipis sebelum masuk ke penggunaan serum.

Oh iya, seluruh produk Avoskin YSB itu fragrance free ya, jadi nggak ada wewangian dan adanya hanya bau asli dari kandungan produk masing-masing. Kalau di saya, saya nggak masalah sama sekali dengan ini, karena udah cukup hafal dengan bau Niacinamide dan menurut saya nggak mengganggu. Begitu pula dengan serumnya, surprisingly baunya mirip banget Alpha Arbutin dengan Niacinamide.

Sementara untuk serum Alpha Arbutin saya gunakan baik di pagi maupun malam hari, di minggu pertama saya gunakan hanya 2-3 tetes saja tapi di minggu terakhir saya gunakan 4-5 tetes. Saya kebingungan sendiri karena memasuki minggu ketiga, produk di botol masih ada 2/3 lebih padahal saya udah pakai cukup boros.

Hasil penggunaan Avoskin Your Skin Bae di kulit saya

TONER NIACINAMIDE : sebagai hydrating toner, menurut saya produk ini memberikan hidrasi dan kelembaban yang pas banget. Sejak awal pemakaian, nggak ada sama sekali efek tingling dan aman banget digunakan di kulit saya yang lumayan sensitif dan kebetulan sedang kemerahan di beberapa area. Toner ini menurut saya mendukung dengan baik kinerja serum Alpha Arbutin, walaupun kandungan AA itu potent tapi berhasil diseimbangkan dengan Niacinamide dan Kale yang sifatnya memperkuat skin barrier dan melembabkan.

SERUM ALPHA ARBUTIN : Bertahun-tahun saya selalu mengandalkan Niacinamide untuk mencerahkan kulit, akhirnya saya berani move on juga ke kandungan yang menurut saya lebih powerful yaitu Alpha Arbutin. Yes, AA ini sebetulnya lebih ampuh mencerahkan tapi juga aman untuk kulit. Yang saya notice, serum ini emang ngaruh banget bikin kulit saya jauh lebih cerah, meratakan warna kulit dan bikin tampilan pori-pori jauh lebih tersamarkan. Di awal penggunaan, efek mencerahkannya bahkan kelihatan overnight, tapi makin kesini efek mencerahkannya perlahan tapi pasti.

Satu hal yang saya suka banget dari gabungan kedua produk ini, kulit saya jadi noticeably kelihatan lebih sehat, kenyal dan bekas jerawat kemerahan dan kehitaman yang tadinya susah banget hilang jadi sedikit demi sedikit pudar. Oh iya, kandungan Alpha Arbutin serum ini 3% jadi cukup tinggi ya, dibandingkan dengan produk serum Alpha Arbutin punya The Ordinary. Kamu bisa lihat di gambar before after, hanya berjarak 15 hari aja kulit saya sudah terlihat perbedaan tone yang cukup signifikan. Saya tetap akan tunggu sampai 4-6 minggu karena di waktu tersebut biasanya hasil dari kinerja Alpha Arbutin akan terlihat maksimal.

Karena kulit saya cukup sensitif jadi sejauh ini saya masih butuh hydrating toner, moisturizer dan hydrating serum untuk digunakan sebagai tandeman serum AA ini.

The Verdict

Karena tulisan ini udah hampir 1300 kata, kamu bisa baca postingan saya berikutnya ya untuk tau kenapa saya cinta banget sama Avoskin Your Skin Bae series ini. Untuk kedua produk yang saya coba di atas, karena nggak ada masalah sama sekali dan berhasil kasih hasil yang melebihi ekspektasi saya, jadi pasti saya akan repurchase sih. Justru saya jadi makin penasaran juga dengan range lain dari Your Skin Bae series ini dan berencana untuk koleksi semua produknya pelan-pelan sambil nabung.

Produk Avoskin Your Skin Bae ini bisa kamu dapatkan di website dan e-commerce resmi Avoskin ya, range harganya Rp 149.000 untuk toner dan Rp 139.000 untuk serumnya. Saran nih, kalau kamu nemu produk yang diincar segera check out ya karena beberapa produk best-selling nya beneran sold out melulu dimana-mana. Semoga reviewnya membantu ya!

By the way kalau kamu mau beli kedua produk Avoskin YSB yang saya review, bisa cek di link berikut yaa agar lebih mudah :

Btw rekomendasi makeup, fashion dan racun produk gemas lainnya boleh cek disini yaaa : racun belanjaan

160 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *